Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Koperasi | Tujuan,Manfaat dan Ciri-ciri Koperasi Sekolah

Kumpulan Ilmu Pengetahuan. Dalam rangka meningkatkan perekonomian Indonesia maka pemerintah mewajibkan koperasi dibentuk, namun kali ini saya tidak akan membahas tentang kapan dibentuknya koperasi, namun saya kali ini akan membahas mengenai Tujuan,Manfaat  dan Ciri-ciri Koperasi Sekolah.

Koperasi | Tujuan,Manfaat  dan Ciri-ciri Koperasi Sekolah

Tujuan Koperasi Sekolah

Tujuan koperasi sekolah adalah memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya, serta ikut membangun tata perekonomian nasional dalam rangka mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur. Sedangkan pembentukan koperasi sekolah di kalangan siswa dilaksanakan dalam rangka menunjang pendidikan siswa dan latihan berkoperasi. Dengan demikian, tujuan pembentukannya tidak terlepas dari tujuan pendidikan dan program pemerintah dalam menanamkan kesadaran berkoperasi sejak dini.

Koperasi sekolah sebagai wadah kegiatan ekonomi siswa diharapkan mampu memajukan kesejahteraan siswa. Oleh karena itu, koperasi sekolah dalam menjalankan usahanya terutama untuk kepentingan pendidikan dan memenuhi kebutuhan para anggotanya. Berikut ini tujuan didirikannya koperasi sekolah
a. Mendidik, menanamkan dan memelihara suatu kesadaran hidup bergotong-royong dan setia kawan di antara para siswa
b. Menumbuhkan jiwa kewirausahaan siswa
c. Memelihara dan memupuk rasa tanggung jawab dan disiplin dalam hidup bergotong-royong di dalam masyarakat
d. Sebagai sarana untuk memenuhi kebutuhan alat-alat sekolah
e. Sebagai sarana untuk belajar menerapkan prinsip-prinsip ekonomi dalam kehidupan sehari-hari
f. Memelihara hubungan baik dan saling pengertian yang mendalam antara sesama anggota koperasi sekolah
g. Memelihara dan memupuk mutu pengetahuan dan keterampilan dalam bidang perkoperasian
h. Menanamkan rasa harga diri, kesamaan derajat, dan menumbuhkan jiwa demokrasi serta membangkitkan sikap berani mengemukakan pendapat

Berkaitan dengan tujuan-tujuan diatas, maka kegiatan koperasi sekolah adalah :

a. Mengusahakan kebutuhaan sehari-hari para siswa
b. Mengusahakan simpan pinjam
c. Mengusahakan pakaian seragam
d. Mengusahakan alat-alat tulis dan buku-buku pelajaran
e. Menambah pengetahuan koperasi
f. Mewajibkan dan menggiatkan anggota koperasi sekolah untuk menyimpan dan menabung secara teratur.

Manfaat Koperasi Sekolah

Beberapa manfaat yang diperoleh dari pendirian koperasi sekolah di antaranya adalah sebagai berikut :
a. Terpenuhinya kebutuhan siswa yang berkaitan dengan kegiatan belajar

Didepan telah dijelaskan bahwa koperasi sekolah menyediakan keperluan siswa seperti alat tulis, seragam sekolah, buku-buku pelajaran, makanan, minuman dan sebagainya. Dengan demikian keberadaan koperasi sekolah memberikan kemudahan bagi para siswa untuk mendapatkan kebutuhan yang mendukung kegiatan belajarnya. Selain itu, siswa juga akan mendapatkan barang tersebut dengan harga yang relatif lebih murah apabila dibandingkan dengan harga-harga yang ada di toko.

b. Menambah pengetahuan dan keterampilan berkoperasi

Adanya koperasi sekolah akan menuntut siswa untuk menambah pengetahuan dan keterampilan tentang perkoperasian. Hal ini tentunya menjadi nilai tambah bagi siswa, karena siswa akan mengetahui bagaimana cara-cara membuat pembukuan, membuat perencanaan, pengadministrasian dan sebagainya.

c. Melatih siswa gemar menabung

Pada penjelasan sebelumnya dijelaskan bahwa modal koperasi sekolah berasal dari simpanan pokok dan wajib. Adanya simpanan tersebut secara tidak langsung melatih siswa untuk menabung.

d. Memberikan bekal untuk dapat bekerja saat mereka terjun di dalam masyarakat

Pengetahuan dan keterampilan perkoperasian yang diperoleh siswa dibangku sekolah, diharapkan dapat menjadi bekal ketika kalian telah lulus daris ekolah tersebut. Sehingga ilmu yang diperoleh dapat dikembangkan di masyarakat.

Agar keberadaan koperasi sekolah mempunyai peran penting dalam proses pendidikan kewirausahaan siswa, maka pengelolaan atau manajemen koperasi sekolah harus dilakukan dengan sebaik-baiknya, dan betul-betul berperan sebagai tempat praktik dan latihan bagi kita dalam membangun dan mengembangkan sikap mental kewirausahaannya.

Koperasi sekolah merupakan laboratorium sekolah untuk siswa agar mempunyai bekal keterampilan, kejujuran, kedisiplinan dan tanggung jawab. Siswa dapat mempraktikan pelajaran ekonomi ke dalam koperasi, sehingga akan diperoleh berbagai pengalaman dan pengetahuan tentang bagaimana cara melayani  konsumen, bagaimana cara memasarkan produk, cara mengelola dan memimpin sebuah organisasi, dan sebagainya.

Jadi koperasi sekolah sangat diperlukan oleh para siswa, baik di tingkat SMP maupun SMA agar para siswa memiliki bekal pengetahuan yang lebih mengenai kegiatan ekonomi sebagai bekal kelak setelah siswa lulus sekolah dan berada di tengah-tengah masyarakat. Jika setiap siswa punya bekal pengetahuan yang cukup tentang kegiatan perekonomian, maka diharapkan dapat menjadi pelaku ekonomi seperti harapan generasi tua.

Melalui koperasi sekolah, siswa juga belajar melatih kemandirian dan kerja sama. manfaat kemandirian, karena siswa mendapat keuntungan dari apa yang mereka setorkan sebagai distributor dan apa mereka yang mereka jual sebagai petugas atau pengurus koperasi. Tidak sebatas kemandirian, siswa juga melakukan pembelajaran tata kelola keuangan.

Manfaat kerjasama karena mereka diasah kemampuan bekerja dalam tim. Kerjasama dalam melakukan kegiatan penjualan, tata kelola keuangan, sampai pada wilayah memproduksi suatu barang yang bisa dijual. Contohnya memproduksi barang-barang hasil kerajinan berbahan alami khas daerah di mana sekolah berada.

Ciri-ciri Koperasi Sekolah

Ciri-ciri Koperasi Sekolah adalah sebagai berikut :
a. Bentuknya bada usaha yang tidak berbadan hukum
b. Anggotanya siswa-siswi sekolah tersebut
c. Keanggotaannya selama kita masih menjadi siswa
d. Koperasi sekolah dibuka pada waktu istirahat
e. Sebagai latihan dan praktik berkoperasi
f. Melatih disiplin dan kerja
g. Menyediakan perlengkapan pelajar atau siswa
h. Mendidik siswa hemat menabung dan
i. Tempat menyelenggarakan ekonomi dan gotong-royong

Mungkin sekian saja informasi yang bisa saya sampaikan mengenai Koperasi | Tujuan,Manfaat  dan Ciri-ciri Koperasi Sekolah , mohon maaf apabila ada kesalahan dari informasi yang saya sampaikan. Saya meminta dukungan kepada teman-teman semua dan para kakak-kakak, adik-adik, teteh-teteh, abang-abang blogger untuk membantu saya . apabila ada saran dan kritik untuk blog ini agar lebih baik kedepannya.  Saya mendapatkan materi tentang Koperasi | Tujuan,Manfaat  dan Ciri-ciri Koperasi Sekolah dikutip dari buku yang berjudul Remaja Wirausaha : Membangkitan Jiwa Kemandirian Remaja yang dicetak oleh Acarya Media Utama serta ditulis oleh Ibu Ely Herlinawati. Dan saya ucapkan banyak terima kasih karena telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke lamannya Kumpulan Ilmu Pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Koperasi | Tujuan,Manfaat dan Ciri-ciri Koperasi Sekolah"