Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Olimpiade PPKN SMP Tahun 2017/2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban

Contoh Soal Olimpiade PPKN SMP Tahun 2017/2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban
Contoh Soal Olimpiade PPKN SMP Tahun 2017/2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban
Contoh Soal Olimpiade PPKN SMP Tahun 2017/2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban. Seperti yang kita tahu, ujian adalah merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Dalam hal di sekolah atau pelaksanaan ujian akhir semester/ penilaian akhir semester satu/ ganjil, ujian berfungsi sebagai salah satu alat untuk mengukur sudah sejauh mana para peserta didik berhasil menyerap pelajaran selama satu semester.

Ujian juga bisa dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh selama satu semester yang sudah dijalani.

Untuk pelaksanaan UAS/ PAS baik semester 1 maupun semester 2, umumnya masih menggunakan media kertas dalam pelaksanaannya, baik model soal maupun media jawabnya. Untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, telah mulai dilaksanakan ujian yang berbasis UNBK atau komputer. Pelan-pelan UNKP/ berbasis kertas dan pensil akan tergeser dengan sistem UNBK tersebut.namun dalam kesempatan ini kebetulan admin akan membahas contoh soal Olimpiade untuk mata pelajaran PPKn untuk tingkat SMP yang dilengkapi dengan kunci jawaban.

Contoh Soal Olimpiade PPKN SMP Tahun 2017/2018
Materi : Pancasila sebagai Ideologi Negara

1) Mengapa Indonesia menggunakan ideologi terbuka?
2) Bagaimana cara menumbuhkan kadar dan idealism yang terkandung Pancasila sehingga mampu memberikan harapan optimisme dan motivasi untuk mewujudkan cita-cita?

JAWABAN :
1. Karena Indonesia adalah sebuah negara dan sebuah negara memerlukan sebuah ideologi untuk menjalankan sistem pemerintahan yang ada pada negara tersebut, dan masing-masing negara berhak menentukan ideologi apa yang paling tepat untuk digunakan, dan di Indonesia yang paling tepat adalah digunakan adalah ideologi terbuka karena di Indonesia menganut sistem pemerintahan demokratis yang di dalamnya membebaskan setiap masyarakat untuk berpendapat dan melaksanakan sesuatu sesuai dengan keinginannya masing-masing. Maka dari itu, ideologi Pancasila sebagai ideologi terbuka adalah yang paling tepat untuk digunakan oleh Indonesia.
2. Kita harus menempatkan Pancasila dalam pengertian sebagai moral, jiwa, dan kepribadian bangsa Indonesia. Pancasila sebagai jiwa bangsa Indonesia keberadaanya/lahirnya bersamaan dengan adanya bangsa Indonesia. Selain itu,Pancasila juga berfungsi sebagai kepribadian bangsa Indonesia. Artinya, jiwa bangsa Indonesia mempunyai arti statis dan dinamis. Jiwa ini keluar diwujudkan dalam sikap mental, tingkah laku, dan amal perbuatan bangsa Indonesia yang pada akhirnya mempunyai cirri khas. Sehingga akan muncul dengan sendirinya harapan optimisme dan motivasi yang sangat berguna dalam mewujudkan cita-cita bangsa Indonesia.


1. a. Kemukakanlah konsepsi ideologi menurut para ahli berikut ini !
1) Nicollo Machiavelli
2) Destut de Tracy
3) Karl Marx
4) Louis Althusser

b. Apakah ideologi itu menurutmu ?

2. a. Pancasila sebagai ideologi terbuka bersifat dinamis. Jelaskan maksudnya !
b. Suatu ideologi dikatakan terbuka dan dinamis bila dalam pelaksanaannya memperhatikan dimensi-dimensi tertentu. Sebutkan dan jelaskan dimensi tersebut !

3. Jelaskan secara singkat sejarah perumusan Pancasila !

4. a. Jelaskan yang dimaksud dengan Pancasila sebagai ideologi negara !
b. Sebutkan dan jelaskan fungsi Pancasila sebagai ideologi negara !
c. Nilai dasar, nilai instrumental, dan nilai praksis merupakan kriteria Pancasila sebagai ideologi terbuka dan dinamis. Jelaskanlah ketiga nilai tersebut !

5. a. Apakah yang dimaksud dengan Pancasila sebagai :
1) sumber nilai
2) paradigma pembangunan

b. Tuliskan 3 (tiga) contoh sikap positif terhadap Pancasila sebagai ideologi terbuka !

1. Pancasila sebagai ideologi terbuka haruslah bersifat dinamis, hal ini mengandung pengertian bahwa Pancasila mampu ….
a. menyesuaikan diri terhadap tuntutan perkembangan zaman
b. mewujudkan kehidupan yang berkeadilan dan keberadaban
c. membangkitkan kesadaran hidup dalam berbangsa dan bernegara
d. mengembangkan sikap saling mencintai dengan penuh kesadaran
e. mewujudkan demokrasi dalam kehidupan politik, ekonomi, dan sosial

2. Penyelenggaraan negara Republik Indonesia dilaksanakan di atas landasan Pancasila, ini berarti Pancasila berfungsi sebagai ….

a. ideologi negara
b. pandangan hidup bangsa
c. kepribadian bangsa
d. dasar negara
e. sumber tertib hukum

3. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa, berfungsi sebagai petunjuk dalam ….
a. menyelenggarakan tata kehidupan pemerintahan negara
b. menata kehidupan pribadi setiap warga negara Indonesia
c. kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara
d. melaksanakan setiap kegiatan social politik kemasyarakatan
e. menjalankan semua aktivitas kehidupan ritual keagamaan

4. Contoh upaya dalam menerapkan nilai kepribadian bangsa Indonesia berdasarkan nilai-nilai Pancasila berikut ini adalah ….
a. mendisiplinkan diri di waktu bekerja dan belajar
b. melaksnakan kerja sama yang menghasilkan jasa
c. melestarikan nilai-nilai kegotongroyongan
d. memupuk diri dengan akhlak yang baik/mulia
e. suka membantu teman-teman dalam kesulitan

5. Nilai-nilai Pancasila yang diwujudkan dalam situasi konkret pada tempat dan situasi tertentu serta sifatnya amat dinamis dan terkandung dalam kenyataan kehidupan sehari-hari, dengan kata lain cara bagaimana kita melaksanakan nilai Pancasila dalam praktik hidup sehari-hari. Nilai yang dimaksudkan ini disebut ….
a. nilai normative
b. nilai instrumental
c. nilai dasar
d. nilai praksis
e. nilai material
6. Salah satu dimensi yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi terbuka yaitu dimensi realita. Adapun yang dimaksud dengan dimensi realita ini adalah ….
a. Sekumpulan cita-cita atau harapan dalam mewujudkan nilai-nilai kehidupan
b. nilai-nilai yang hidup dan berkembang dalam peradaban masyarakat tertentu
c. sejumlah pemikiran atau gagasan pokok tentang pergaulan dalam hidup bersama
d. segenap nilai-nilai yang dapat diwujudkan dalam kehidupan berbangsa
e. nilai-nilai yang ada bersumber dari budaya dan pengalaman sejarahnya

7. Seluruh tatanan kehidupan masyarakat bangsa dan negara menggunakan Pancasila sebagai dasar moral atau norma dan tolak ukur tentang baik buruk dan benar salahnya sikap, perbuatan, dan tingkah laku bangsa Indonesia. Ini berarti bangsa Inonesia menjadikan Pancasila sebagai ….
a. sumber kehidupan
b. paradigma pembangunan
c. ideologi terbuka
d. sumber nilai
e. pegangan hidup

8. Pancasila sebagai dasar negara merupakan suatu kesatuan yang bulat dan utuh, ini mengandung pengertian bahwa ….
a. Pancasila dapat dipadatkan atau diperas menjadi ekasila atau trisila
b. Sila-sila Pancasila dilaksanakan sesuai dengan kemampuan masing-masing
c. Sila yang satu tidak dapat dilepas atau dipisahkan dari sila yang lain
d. Setiap sila Pancasila dapat ditafsirkan sesuai dengan keinginan sendiri
e. Sila-sila Pancasila harus dapat dijaga dan dilestarikan sesuai zamannya

9. Dalam kehidupan bermasyarakat kita hendaknya menjunjung tinggi harkat dan martabat orang lain. Hal ini sejalan dengan pelaksanaan Pancasila yaitu sila ….
a. pertama
b. kedua
c. ketiga
d. keempat
e. kelima


10. Perhatikanlah gambar berikut ini dengan baik !

Pertanyaan seorang siswa dalam ilustrasi gambar di atas seharusnya mendapatkan jawaban sebagai berikut ….
a. Pancasila berkedudukan sebagai norma dasar bagi negara Indonesia dan UUD Negara RI tahun 1945 itu adalah penjabaran dari norma dasar tersebut
b. Rumusan Pancasila yang benar dan sah adalah yang tercantum di dalam pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
c. Pancasila merupakan sumber dari segala sumber aspirasi bangsa Indonesia, termasuk juga UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
d. Pancasila menjadi pedoman atau petunjuk untuk mengatur kehidupan berbangsa dan bernegara yang berdasarkan peraturan perundang-undangan
e. Pancasila digunakan sebagai dasar untuk mengatur penyelenggaraan Negara Kesatuan Republik Indonesia

11. Untuk pertama kalinya istilah ideologi digunakan oleh seorang pemikir Prancis yang ditulisnya dalam sebuah buku yang berjudul “Les elements de I’ideologie”. Adapun tokoh yang dimaksudkan adalah ….

a. Antoine Destutt de Tracy
b. Napoleon Boniparty
c. Nicollo Machiavelli
d. Louis Althusser
e. Paul Ricour

12. Nilai-nilai dasar dalam Pancasila yang bersifat sistematis, rasional, dan menyeluruh yaitu nilai ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, kerakyatan, dan keadilan, merupakan dimensi struktural Pancasila sebagai ideologi terbuka yang disebut sebagai dimensi ….
a. fleksibelitas
b. idealistis
c. realita
d. normative
e. praksis

13. Kedudukan Pancasila sebagai dasar negara, sebagaimana yang dikemukakan dalam pembukaan UUD Negara RI Tahun 1945 alenia IV, mengandung pengertian ….
a. Pancasila menjadi pedoman untuk mengatur kehidupan bernegara yang berlandaskan peraturan perundang undangan
b. Pancasila merupakan pedoman tingkah laku warga negara Indonesia dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
c. Pancasila memberikan corak dan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lainnya
d. Pancasila sebagai kristalisasi nilai-nilai budaya bangsa dan digali dari bumi Indonesia yang telah terbina sejak lama
e. Pancasila sebagi kepribadian bangsa yang mengandung nilai-nilai dan norma yang diyakini dapat mempersatukan bangsa Indonesia

14. Yang bukan merupakan fungsi pokok ideologi Pancasila dalam kehidupan bernegara berikut ini adalah ….
a. mempersatukan bangsa, memelihara dan mengukuhkan persatuan dan kesatuan
b. membimbing dan mengarahkan bangsa menuju pada sasaran atau tujuannya
c. memberikan tekad untuk memelihara dan mengembangkan identitas bangsa
d. mendorong seluruh rakyat untuk memlihara dan menikmati hasil pembangunan
e. menyoroti kenyataan yang ada, mengkritisi upaya wujud cita-cita dari Pancasila

15. Dalam konteks Pancasila sebagai paradigma pembangunan, maka pembangunan nasional di Indonesia pada dasarnya adalah usaha untuk meningkatkan mutu dan taraf hidup masyarakat sehingga menjadi lebih baik. Di dalamnya tercakup tiga proses yang secara terintegratif terjadi yaitu hal yang menyangkut ….
a. emansipasi bangsa, modernisasi, dan humanisasi
b. modernisasi, globalisasi ekonomi, dan partisifasi rakyat
c. globalisasi ekonomi, partisifasi rakyat, dan industrialisasi
d. emansifasi bangsa, humanisasi, dan revolusi ekonomi
e. humanisasi, industrialisasi, dan globalisasi ekonomi

16. Pancasila dikatakan sebagai ideologi terbuka karena memiliki ciri-ciri sebagai berikut, kecuali ….
a. Pancasila adalah pandangan hidup yang berakar pada kesadaran masyarakat
b. Isi Pancasila tidak langsung operasional, karena hanya berisi nilai-nilai dasar
c. Pancasila menghargai kebebasan dan tanggung jawab masyarakat
d. Pancasila menghargai pluralitas dan bukan ideologi totaliter
e. Pancasila mampu mengurusi dan melindungi segala aspek kehidupan

18. Kemampuan ideologi dalam mempengaruhi dan sekaligus menyesuaikan diri dengan pertumbuhan atau perkembangan masyarakatnya. Ini merupakan salah satu dimensi ideologi yang disebut ….

a. realita
b. idealisme
c. normative
d. praksis
e. fleksibelitas

19. Pancasila merupakan paradigma pembangunan, artinya Pancasila berisi anggapan-anggapan dasar yang merupakan kerangka keyakinan. Adapun kerangka keyakinan tersebut berfungsi sebagai ….
a. acuan, atau pedoman dalam perencanaan, pelaksanaan, pengawasan, dan pemanfaatan hasil-hasil pembangunan.
b. tolak ukur dalam mengembangkan dan kajian dalam rangka mensukeskan proses pembangunan nasional
c. pegangan bagi para pelaksana dan pengguna serta upaya pemeliharaan hasil-hasil pembangunan di segala bidang
d. penjamin mutu atau kualitas hasil-hasil pembangunan untuk meningkatkan sumber daya manusia
e. penentu hasil-hasil pembangunan nasional yang berorientasi pada jumlah dan kualitas yang diharapkan

20. Pancasila hanya akan dapat berkembang sebagai ideologi terbuka bilamana segenap komponen masyarakat bersedia bersikap proaktif, antara lain dengan melakukan ….
a. kajian secara mendalam mengenai makna Pancasila sebagai ideologi
b. reinterpretasi terhadap Pancasila dalam suasana dialog kritis konstruktif
c. penafsiran Pancasila sesuai dengan kepentingan atau kebutuhan seseorang
d. dialog secara teoritik agar diperoleh konsep-konsep yang mudah dipahami
e. paparan berbagai problema yang terjadi dengan idealisme yang diharapkan

21. Untuk menguatkan keberadaan Pancasila yang isinya menyebutkan bahwa Pancasila yang resmi adalah Pancasila yang tata urutan atau rumusan sila-silanya ada pada alenia ke-4 pembukaan UUD 1945, dituangkan dalam ketentuan ….

a. UU No. 23 Tahun 2003
b. UU RI No. 31 Tahun 2002
c. Inpres RI No. 4 Tahun 1999
d. Inpres RI No. 6 Tahun 1995
e. Inpres RI No. 12 Tahun 1968

22. Konsekuensi dari kedudukan Pancasila sebagai paradigma pembangunan nasional adalah bahwa ….
a. pelaksanaan pembangunan nasional harus dapat mencapai tujuan atau sasarannya
b. kegiatan pembangunan nasional yang telah dilaksanakan dapat dinikmati hasilnya
c. segala aspek pembangunan nasional harus didasarkan pada nilai-nilai Pancasila
d. pembangunan nasional harus mampu memberikan kesejahteraan seluruh rakyatnya
e. semua aktivitas pembangunan nasional hendaknya dapat mendorong partisifasi rakyat

23. Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia telah disahkan secara yuridis konstitusional pada tanggal ….
a. 1 Juni 1945
b. 22 Juni 1945
c. 29 Mei 1945
d. 17 Agustus 1945
e. 18 Agustus 1945

25. Dalam sidang pertama BPUPKI tanggal 29 Mei sampai dengan 1 Juni 1945 membahas pokok persoalan utama yang menyangkut ….
a. hukum dasar
b. dasar negara
c. bentuk negara
d. lambing negara
e. wilayah negara

26. Nama sebuah lembaga yang secara resmi mengesahkan atau menetapkan Pancasila sebagai dasar negara Republik Indonesia adalah ….

a. MPRS
b. DPAS
c. BPUPKI
d. PPKI
e. KNIP

27. Siapkah nama tokoh yang mengemukakan bahwa istilah ideologi itu menunjuk pada keyakinan yang dianut seseorang atau sekelompok orang (masyarakat) sebagai pedoman dalam ber-pikir maupun bertindak (pedoman hidup) ?
a. Napolion Boniparty d. Kart Marx
b. Louis Althusser e. Paul Ricour
c. Nicollo Machiavelli

28. Karena terkait dengan penyelenggaraan kehidupan bermasyarakat dan bernegara, maka ideologi negara ini sering pula disebut sebagai ….
a. ideologi publik
b. ideologi idealisme
c. ideologi hukum
d. ideologi politik
e. ideologi konsensus

29. Sebuah ideologi bisa bertahan dalam menghadapi perubahan masyarakat, tatapi dapat pula pudar dan ditinggalkan oleh para pendukungnya. Agar mampu bertahan dalam mengha-dapi perubahan tersebut, maka ada tiga dimensi di bawah ini perlu diperhatikan yaitu ….
a. dimensi realita, idealisme, dan instrumental
b. dimensi realita, idealisme, dan fleksibelitas
c. dimensi fleksibelitas, normative, dan praksis
d. dimensi normative, praksis, dan instrumental
e. dimensi idealitas, normative, dan fleksibelitas
30. Patut diingat, istilah ideologi negara terlalu sering diartikan secara keliru, yaitu “ideologi milik negara”. Padahal, dalam kaitannya dengan Pancasila istilah ideology negara mengandung pengertian ….
a. gagasan fundamental mengenai hidup bernegara
b. praktik kehidupan yang diselenggarakan oleh negara
c. wujud kebudayaan yang dipraktikkan oleh negara
d. politik atau strategi dalam kehidupan bernegara
e. kerangka atau wawasan budaya berpolitik negara

31. Pancasila sebagai ideologi terbuka mengandung nilai-nilai yang sifatnya tetap atau tidak berubah dan nilai tersebut merupakan esensi dari sila-sila Pancasila yang bersifat universal. Adapun nilai-nilai dimaksud disebut sebagai …
a. nilai instrumental
b. nilai dasar
c. nilai normative
d. nilai praksis
e. nilai material

32. Berikut ini merupakan sikap positif untuk mendukung Pancasila sebagai ideologi terbuka, kecuali ….
a. menjadikan nilai-nilai Pancasila sebagai filter masuknya budaya asing (Barat)
b. terbuka terhadap nilai-nilai baru namun tetap sesuai dengan nilai dasar Pancasila
c. bersedia mengkaji Pancasila melalui wacana, diskusi, tulisan maupun penelitian
d. mentaati norma social maupun norma hukum yang sesuai dengan nilai Pancasila
e. melakukan tindakan yang indisipliner agar tujuan dapat dengan mudah tercapai

33. Menurut ketetapan MPR RI No. XVII/MPR/1998, kedudukan Pancasila bagi negara Republik Indonesia adalah sebagai ….
a. sumber tertib hukum
b. pandangan hidup bangsa
c. kepribadian bangsa
d. dasar negara
e. sumber nilai

36. Menghilangkan atau pencoretan anak kalimat dari rumusan sila pertama Pancasila pada Piagam Jakarta telah mendapatkan persetujuan bersama dan diganti menjadi Ketuhanan yang maha esa. Hal ini dimaksudkan untuk ….
a. memelihara kekhusukan dalam beribadah
b. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa
c. menjamin toleransi umat beragama
d. membangun budaya pluralitas bangsa
e. menciptakan suasana keberagamaan

37. Pada masa Orde Baru Pancasila digunakan oleh penguasa sebagai cara untuk melakukan
tipu daya guna menyembunyikan kepentingan, mendapatkan dan mempertahankan ke-kuasaan serta dijadikan sebuah kesadaran palsu. Bila kita hubungkan dengan pandangan
para tokoh yang mengemukakan tentang ideologi, maka kondisi tersebut sesuai dengan
pendapat ….
a. Karl Marx dan Nicollo Machiavelli
b. Paul Ricour dan Louis Althusser
c. Destut de Tracy dan Karl Marx
d. Napoleon dan Paul Ricour
e. Nicollo Machiavelli dan Napoleon

38. Yang menjadi dasar atau titik tolak untuk melaksanakan nilai-nilai Pancasila adalah ….
a. kekeluargaan dan kebersamaan bertindak
b. memiliki toleransi yang tinggi antar sesama
c. kemauan dan kemampuan pengendalian diri
d. kerjasama dalam membangun kesukarelaan
e. kerja keras dan adanya kepercayaan diri

39. Manakah yang bukan merupakan contoh wujud kehidupan yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa sebagai pengamalan nilai-nilai Pancasila berikut ini ?
a. selalu mengawali dan mengakhiri suatu kegiatan dengan berdoa
b. berpartisipasi dalam kegiatan pembangunan rumah atau tempat ibadah
c. menunjukkan sikap atau perbuatan menghormati agama orang lain
d. rajin dan taat melakukan akativitas amal serta peribadatan lainnya
e. senantiasa berusaha untuk selalu meningkatkan egoisme keagamaan

40. Pancasila memberikan corak dan ciri khas yang membedakan bangsa Indonesia dengan bangsa-bangsa lain. Ini berarti bahwa Pancasila berfungsi sebagai ….
a. kepribadian bangsa Indonesia
b. perjanjian luhur bangsa Indonesia
c. pandangan hidup (way of life)
d. dasar negara Republik Indonesia
e. sumber hukum dasar nasional

1. Pemerintah dalam arti sempit adalah suatu badan yang mempunyai wewenang menyelenggarakan pemerintahan negara. Menurut UUD 1945 pemerintah dalam arti sempit adalah ….
a. Presiden, wakil Presiden, dan BPK c. Presiden, wakil Presiden, dan DPR
b. Presiden, para menteri, dan DPR d. Presiden, para menteri, dan MA
e. Presiden, wakil Presiden, dan menteri

2. Manakah yang bukan merupakan ciri-ciri sistem pemerintahan presidensial di bawah ini ?
a. Adanya masa jabatan presiden yang bersifat pasti (fixed term)
b. Presiden di samping sebagai kepala negara, sekaligus sebagai kepala pemerintahan
c. Adanya mekanisme saling mengawasi dan mengimbangi (checks and balances)
d. Dikenal adanya mekanisme pertanggungjawaban menteri kepada parlemen
e. Adanya mekanisme impeachment (karena pelanggaran hukum

3. Di bawah ini contoh negara-negara yang menganut sistem pemerintahan presidensial
adalah ….
a. Amerika Serikat, Inggris, dan Malaysia c. Pakistan, India, dan Jepang
b. Amerika Serikat, Pakistan, dan Filipina d. Inggris, India, dan Australia
d. Belgia dan Prancis, dan Jepang

4. Perhatikan hal-hal berikut ini !
1. badan eksekutif lebih stabil kedudukannya
2. kekuasaan eksekutif di luar pengawasan langsung legislatif
3. masa jabatan eksekutif lebih jelas dengan jangka waktu tertentu
4. pembuatan kebijakan publik umumnya hasil tawar menawar antara eksekutif dan legislatif
Pernyataan di atas yang merupakan kelebihan dari sistem pemerintahan presidensial adalah ….
a. 1 dan 3 b. 1 dan 2 c. 1 dan 4 d. 2 dan 4 e. 2 dan 3

5. Dengan dikeluarkannya Dekrit Presiden tanggal 5 Juli 1959, maka sistem politik di Indonesia telah berganti dari demokrasi liberal menjadi ….
a. demokrasi Pancasila b. demokrasi partisipatif c. demokrasi terpimpin d. demokrasi perwakilan e. demokrasi representative

6. Salah satu kewenangan Mahkamah Konstitusi adalah memberikan putusan atas pendapat DPR bahwa presiden dan/atau wakil presiden diduga telah melakukan pelanggaran hukum. Adapun ketentuan yang mengatur tentang hal tersebut adalah ….
a. UU nomor 31 tahun 2002 c. UU nomor 12 tahun 2003
b. UU nomor 22 tahun 2003 d. UU nomor 23 tahun 2003
e. UU nomor 24 tahun 2003

7. Menurut Undang Undang Dasar 1945 pada bagian pembukaan alenia ke-4 mengemuka-kan bahwa negara Indonesia ialah negara kesatuan yang berbentuk ….
a. Sentralistik b. federal c. republik d. integralistik e. desentralisasi

8. Adanya sistem pemerintahan parlementer yang disertai sistem multi partai, perjuangan partai-partai politik hanya untuk kepentingan golongan atau partainya, dan pelaksanaan sistem demokrasi yang tidak sehat merupakan penyebab kabinet jatuh bangun dan menjadikan pemerintahan tidak stabil. Kondisi ini timbul pada masa berlakunya ….
a. UUD 1945 b. Konstitusi RIS 1949 c. UUDS 1950
c. UUD 1945 hasil dekrit presiden e. UUD 1945 hasil reformasi

9. Siapakah nama tokoh berikut ini yang mengemukakan bahwa dalam sistem pemerintahan terdapat bagian-bagian dari pemerintahan yang mempunyai tugas dan fungsinya sendiri-sendiri, tetapi secara keseluruhan bagian-bagian itu merupakan satu kesatuan yang padu dan bekerja sama secara rasional ?
a. Alfian b. Hamid S. Attamimi c. Arbi Sanit
d. Ruslan Subakti e. Miriam Budiarjo

10. Perhatikan data berikut ini !
1. bubarkan badan konstituante
2. memberlakukan kembali UUD 1945
3. pembentukan MPR dan DPA sementara
4. turunkan harga barang
5. tingkatkan ekonomi rakyat

Dari data di atas, yang merupakan isi Dekrit Presiden 5 Juli 1959 ditunjukkan dengan nomor ….
a. 1, 2, dan 3 b. 1, 2, dan 4 c. 1, 2, dan 5 d. 2, 3, dan 4 e. 3, 4, dan 5

11. Perhatikanlah hal-hal berikut ini !
1. kabinet bertanggung jawab kepada parlemen
2. para menteri dipilih melalui pemilihan umum
3. kedudukan kepala negara hanya sebagai simbol
4. presiden bertanggung jawab kepada parlemen
5. kebijakan kabinet disesuaikan dengan tujuan politik parlemen


Dari data yang dikemukakan di atas, hal-hal yang merupakan ciri-ciri dari sistem pemerintahan parlementer ditunjukkan dengan nomor ….
a. 1, 2, dan 3 b. 1, 3, dan 5 c. 1, 4, dan 5 d. 1, 3, dan 4 e. 2, 3, dan 5


12. Negara Indonesia ialah negara kesatuan, yang berbentuk republik. Penyataan ini dimuat dalam Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu ….
a. pasal 1 ayat 1 b. pasal 1 ayat 2 c. pasal 1 ayat 3
d. pasal 2 ayat 1 e. pasal 2 ayat 2
13. Perhatikan bagan struktur lembaga negara RI berikut ini !
Menurut bagan di atas, lembaga politik yang disimbolkan dengan huruf X adalah ….
a. Komisi Pemberantasan Korupsi b. Mahkamah Konstitusi
c. Badan Pemeriksa Keuangan d. Komisi Pemilihan Umum
e. Komisi Konstitusi

14. Dalam sistem pemerintahan presidensial, Presiden dan/atau Wakil Presiden tidak dapat dijatuhkan dalam masa jabatannya kecuali melanggar ketentuan hukum maka ia dapat dikenakan impeachment.
Berdasarkan ketentuan Undang Undang, yang berwenang memberikan putusan bahwa peresiden dan/atau wakil presiden telah melanggar hukum adalah ….
a. Mahkamah Agung b. Mahkamah Konstitusi
c. Dewan Perwakilan Rakyat d. Majelis Permusyawaratan Rakyat
e. Komisi Yudisial

15.

16. Menurut pasal 3 ayat 1 UUD Negara RI Tahun 1945, yang berwenang mengubah dan menetapkan Undang-Undang Dasar adalah ….
a. Majelis Permusyawaratan Rakyat b. Presiden dan para menteri
c. Dewan Perwakilan Daerah d. Mahkamah Konstitusi
e. Dewan Perwakilan Rakyat

17. Dalam kurun waktu berlakunya UUDS (17 Agustus 1950---5 Juli 1959), maka sistem pemerintahan negara kita adalah ….
a. Parlementer b. presidensial c. federalistik d. sentralisasi e. desentralisasi

18. Undang-Undang Dasar Negara RI tahun 1945 menghendaki negara Indonesia berbentuk kesatuan dengan sistem ….
a. sentralisasi b. desentralisasi c. federalistik d.integralistik e. demokratisi

19. Perhatikanlah tabel tentang kurun waktu (periode) berlakunya konstitusi di Indonesia yang ditulis/disusun secara acak berikut ini !

Kurun waktu (periode) Jenis konstitusi (UUD) Bentuk Negara Bentuk Pemerintahan Sistem pemerintahan
I. 18-8-1945--27-12-1949
II. 27-12-1949--17-8-1950
III. 17-8-1950--5-7-1959

IV. 5-7-1959--Sekarang
1. UUD RIS
2. UUD Semen-tara
3. UUD 1945(hasil dekrit Presiden)
4. UUD 1945

a. Kesatuan
b. serikat/ federal
(1) Republik
(2) Uni Republik
(a) Presidensial
(b) Parlementer
(c) Presidensial
(Demokrasi terpimpin)
(d) Presidensial(demokrasi Pancasila)

Berdasarkan data di atas, pada kurun waktu 17 Agustus 1950 sampai dengan 5 Juli 1959 bila dipasangkan dengan urutannya maka dapat ditunjukkan dengan nomor ….
a. 1-a-(1)-(a) b. 1-b-(1)-(b) c. 2-a-(1)-(b)
d. 3-a-(1)-(a) e. 4-b-(2)-(b)

20. Berdasarkan konstitusi RIS (27 Desember 1949---17 Agustus 1950), bentuk negara kita adalah ….
a. republik b. kesatuan c. federal d. sentralistik e. desentralistik

21. Maklumat Wakil Presiden nomor X tanggal 16 Oktober 1945 memberikan isyarat bahwa telah terjadi pembagian kekuasaan. Pada saat itu kekuasaan legislative dipegang atau dijalankan oleh …
a. presiden b. DPR c. KNIP d. MPR e. menteri

22. Pembagian kekuasaan dalam sistem pemerintahan Negara RI dikenal istilah ….
a. checks and balances b. devision of power c. the rule of law
d. separation of powers e. the spirit of laws

23. Kepemerintahan yang baik (Good government) adalah kepemerintahan yang mengembang-kan dan menerapkan prinsif profesionalitas, akuntabilitas, transparansi, pelayanan prima, demokrasi, efisiensi, efektivitas, supremasi hukum, dan dapat diterima oleh seluruh masyarakat. Ketentuan ini diatur dalam ….
a. PP nomor 101 tahun 2000 b. PP nomor 6 tahun 2005 c. UU Nomor 22 tahun 2004
d. UU nomor 24 tahun 2003 e. UU nomor 5 tahun 2004

24. Sistem adalah kesatuan yang utuh dari suatu rangkaian, yang kait mengkait satu sama lain. Rusaknya salah satu bagian mengganggu kestabilan system itu sendiri. Dari pengertian ini, tampak bahwa unsure-unsur system tersebut meliputi hal-hal sebagai berikut, kecuali ….
a. Seperangkat komponen, elemen, bagian
b. saling berkaitan dan tergantung
c. kesatuan yang terintegrasi (terkait dan menyatu)
d. memiliki peranan dan tujuan tertentu
e. mempunyai bagian yang terpisah (tersendiri)

25. Berdasarkan pasal 17 UUD Negara Kesatuan RI tahun 1945, yang mengangkat dan memberhentikan para menteri adalah ….
a. Presiden
b. MPR
c. Mahkamah Konstitusi
d. DPR
e. Mahkamah Agung

A. Perhatikanlah pernyataan berikut ini !
(1) Penyelenggara negara berada di tangan presiden; (2) Parlemen memiliki kekuasaan besar (dominan) sebagai badan perwakilan/lembaga legislative; (3) Kabinet dibentuk oleh presiden; (4) Anggota parlemen terdiri atas orang-orang dari partai politik yang menang pemilu; (5) Kepala negara tidak sekaligus sebagai kepala pemerintahan; (6) Presiden tidak bertanggung jawab kepada parlemen; (7) Presiden tidak dapat membubarkan parlemen; (8) Para menteri bertanggung jawab kepada parlemen; (9) Parlemen memiliki kekuasaan legislative/lembaga perwakilan; (10) Parlemen dapat menjatuhkan kabinet.

 Tulislah nomor-nomor tersebut di atas yang termasuk kedalam ciri-ciri :
a. sistem pemerintahan parlementer
b. Sistem pemerintahan presidensial

B. Dalam sistem pemerintahan negara RI terdapat kelebihan dan kelemahan sebagai berikut :

(1) Presiden dan menteri selama masa jabatannya tidak dapat dijatuhkan DPR kecuali ada pelanggaran hukum; (2) Pengaruh rakyat terhadap kebijaksanaan politik negara kurang mendapat perhatian; (3) Presiden tidak dapat memberlakukan dan/atau membubarkan DPR; (4) Pengawasan rakyat terhadap pemerintahan kurang berpengaruh; (5) Sering terjadi pergantian para pejabat publik karena adanya hak prerogatif presiden; (6) Pemerintah mempunyai waktu untuk menjalankan programnya yang tidak dibayangi oleh krisis kabinet; (7) Adanya kecenderungan terlalu kuatnya otoritas dan konsentrasi kekuasaan di tangan presiden.

 Tuliskan nomor-nomor tersebut di atas yang merupakan :
a. Kelebihan dari sistem pemerintahan RI
b. Kelemahan dari sistem pemerintahan RI

C. Dalam sistem pemerintahan Parlementer juga terdapat kelebihan dan kelemahannyan antara lain sebagai berikut :

(1) Sering timbul krisis kabinet; (2) Pengawasan rakyat terhadap kebijakan pemerintah dapat berjalan; (3) Menganut sistem banyak partai; (4) Pengaruh rakyat terhadap politik yang dijalankan pemerintah besar sekali.

 Nomor-nomor manakah yang merupakan :
a. Kelemahannya
b. Kelebihannya

D. Perhatikan lembaga-lembaga berikut ini !
(1) DPR; (2) MA; (3) BPK; (4) Mahkamah Konstitusi; (5) Presiden; (6) DPD; (7) Komisi Yudisial; (8) Para menteri; (9) MPR; (10) Wapres

 Manakah nomor-nomor tersebut diatas yang merupakan lembaga dari :
a. Eksekutif
b. Legislatif
c. Yudikatif
d. Auditif

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Olimpiade PPKN SMP Tahun 2017/2018 Lengkap dengan Kunci Jawaban"