Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Ulangan Harian Lengkap dengan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Bab IV Kurikulum Merdeka - Kebhinekaan Indonesia


Contoh Soal Ulangan Harian Lengkap dengan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Bab IV Kurikulum Merdeka - Kebhinekaan Indonesia

1. Apa arti dari Bhinneka Tunggal Ika dalam budaya Indonesia?
a. Persatuan dalam Keragaman
b. Harmoni dalam Perbedaan
c. Kesetaraan dalam Kemajemukan
d. Damai dalam Perbedaan

2. Badan pemerintah Indonesia yang bertanggung jawab terhadap pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak adalah?
a. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
b. Kementerian Keuangan
c. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak
d. Kementerian Kesehatan

3. Istilah apa yang mengacu pada klasifikasi orang berdasarkan karakteristik genetik dan penampilan fisik?
a. Etnisitas
b. Kebudayaan
c. Ras
d. Kebangsaan

4. Pulau-pulau mana di Indonesia memiliki penduduk yang sebagian besar adalah Melanesoid?
a. Papua dan Maluku
b. Sumatra dan Sulawesi
c. Jawa dan Bali
d. Kalimantan dan Sumatra

5. Kelompok etnis apa yang ditemukan di pulau Jawa?
a. Sunda dan Jawa
b. Madura dan Bajo
c. Sunda dan Bade
d. Osing dan Samin

6. Sikap apa yang harus dihindari untuk mencegah konflik dalam masyarakat yang beragam?
a. Toleransi
b. Koeksistensi
c. Diskriminasi
d. Kerja sama

7. Di mana moto "Bhinneka Tunggal Ika" dapat ditemukan?
a. Undang-Undang Dasar (UUD) 1945
b. Garuda Pancasila
c. Pancasila
d. Perisai nasional

8. Upacara pemakaman tradisional yang dilakukan di Sulawesi disebut?
a. Upacara Ngaben
b. Upacara Seren Taun
c. Upacara Rambu Solo
d. Upacara Tiwah

9. Dalam masyarakat yang beragam, setiap individu atau kelompok harus diperlakukan dengan:
a. Kesombongan
b. Ketidakhormatan
c. Menghormati
d. Hinaan

10. Konsep apa yang diwakili oleh moto "Bhinneka Tunggal Ika"?
a. Mengakui keberagaman
b. Mengejar persatuan
c. Menganjurkan pemisahan
d. Percaya pada persatuan

Kunci Jawaban:
a. Persatuan dalam Keragaman 
c. Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak 
c. Ras 
a. Papua dan Maluku 
b. Madura dan Bajo 
c. Diskriminasi 
b. Garuda Pancasila 
c. Upacara Rambu Solo 
c. Menghormati 
a. Mengakui keberagaman 

Contoh Soal Ulangan Harian Kelas 7 Bab IV Semester 2 Kurikulum Merdeka - Kebhinekaan Indonesia (Soal Pilihan Ganda)

1. Apa yang dimaksud dengan kebhinekaan Indonesia?
a. Keadaan di mana semua orang memiliki kepercayaan yang sama
b. Keadaan di mana semua orang memiliki suku bangsa yang sama
c. Keadaan di mana ada keragaman dalam kepercayaan, suku bangsa, bahasa, budaya, agama, dan ras di Indonesia
d. Keadaan di mana semua orang memiliki gender yang sama

2. Apa yang tercermin dari semboyan "Bhinneka Tunggal Ika"?
a. Persatuan dalam Keragaman
b. Harmoni dalam Persamaan
c. Kesetaraan dalam Perbedaan
d. Enam dalam Satu

3. Mengapa kebhinekaan dianggap penting dalam masyarakat Indonesia?
a. Untuk menciptakan konflik antar suku bangsa
b. Untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
c. Untuk memisahkan kelompok-kelompok dalam masyarakat
d. Untuk mempromosikan diskriminasi dan ketidakadilan

4. Apa yang dapat dilakukan individu untuk menjaga kebhinekaan di Indonesia?
a. Menghargai dan menghormati perbedaan orang lain
b. Membuat peraturan yang membatasi kebebasan individu
c. Menghilangkan keberagaman budaya di Indonesia
d. Mempertahankan kepercayaan dan tradisi sendiri tanpa menghormati yang lain

5. Mengapa keberagaman bahasa di Indonesia menjadi bagian dari kebhinekaan?
a. Karena semua orang di Indonesia harus menggunakan bahasa yang sama
b. Karena bahasa adalah cara untuk berkomunikasi dan memahami satu sama lain
c. Karena keberagaman bahasa mengakibatkan konflik antar suku bangsa
d. Karena hanya ada satu bahasa yang digunakan di Indonesia

Kunci Jawaban:
c. Keadaan di mana ada keragaman dalam kepercayaan, suku bangsa, bahasa, budaya, agama, dan ras di Indonesia
a. Persatuan dalam Keragaman
b. Untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa
a. Menghargai dan menghormati perbedaan orang lain
b. Karena bahasa adalah cara untuk berkomunikasi dan memahami satu sama lain

Contoh Soal Ulangan Harian Kelas 7 Bab IV Semester 2 Kurikulum Merdeka - Kebhinekaan Indonesia (Soal ESSAY)

1. Bagaimana cara mengajarkan konsep kebhinekaan kepada siswa?
Untuk mengajarkan konsep kebhinekaan kepada siswa, Anda dapat menggunakan beberapa pendekatan dan strategi berikut:
  1. Diskusi dan Refleksi: Mulailah dengan membuka diskusi dengan siswa tentang arti kebhinekaan dan mengapa itu penting. Ajak siswa untuk berbagi pengalaman mereka tentang keberagaman, tantangan yang mungkin timbul, dan manfaat dari hidup dalam masyarakat yang beragam. Berikan kesempatan bagi siswa untuk merenung dan mempertimbangkan pentingnya menghargai perbedaan.
  2. Studi Kasus: Gunakan studi kasus nyata atau fiktif yang melibatkan situasi yang berhubungan dengan kebhinekaan. Ajak siswa untuk menganalisis dan mencari solusi yang mempromosikan penghargaan terhadap keberagaman. Diskusikan dampak dari sikap inklusif dan eksklusif dalam masyarakat.
  3. Materi Sumber Kekayaan Budaya: Kenalkan siswa pada berbagai aspek kebudayaan Indonesia, seperti tarian tradisional, lagu daerah, pakaian adat, dan seni rupa. Ajak siswa untuk menghargai keindahan dan keunikan dari setiap kebudayaan tersebut. Diskusikan bagaimana keberagaman budaya ini menjadi kekayaan bangsa.
  4. Kerja Kelompok dan Kolaborasi: Bantu siswa untuk bekerja dalam kelompok yang beragam, di mana setiap anggota kelompok mewakili perbedaan dalam kepercayaan, suku bangsa, bahasa, atau budaya. Berikan tugas-tugas kolaboratif yang mendorong mereka untuk memahami dan menghargai perspektif yang berbeda.
  5. Membaca dan Menulis: Berikan bahan bacaan atau artikel yang membahas tentang kebhinekaan, toleransi, dan keragaman. Ajak siswa untuk membaca dan menulis tanggapan mereka terhadap materi tersebut. Diskusikan ide dan pandangan mereka dalam kelas.
  6. Kunjungan Ke Tempat Ibadah atau Komunitas: Bawa siswa untuk mengunjungi tempat-tempat ibadah berbeda atau komunitas yang mewakili berbagai kepercayaan dan budaya. Ajak siswa untuk berinteraksi dengan anggota komunitas dan bertanya tentang praktik keagamaan, tradisi, dan nilai-nilai yang mereka anut.
  7. Simulasi Peran: Gunakan permainan peran atau simulasi untuk membantu siswa memahami pentingnya kerjasama, penghormatan, dan toleransi dalam kehidupan sehari-hari. Berikan situasi yang melibatkan perbedaan dan tantangan, dan ajak siswa untuk mencari solusi yang mempromosikan kebhinekaan.
2. Ada saran untuk mengatasi tantangan dalam mengajarkan konsep kebhinekaan kepada siswa yang kurang responsif?
Menghadapi siswa yang kurang responsif terhadap pengajaran konsep kebhinekaan bisa menjadi tantangan, tetapi ada beberapa strategi yang dapat dicoba yaitu :

  1. Berikan Relevansi: Jelaskan kepada siswa mengapa konsep kebhinekaan itu penting dalam kehidupan mereka. Buatlah koneksi langsung antara konsep tersebut dengan pengalaman dan kehidupan sehari-hari mereka. Misalnya, jelaskan bagaimana penghargaan terhadap keberagaman dapat memperkaya persahabatan, kerjasama, dan kesempatan dalam kehidupan sosial mereka.
  2. Variasikan Metode Pengajaran: Gunakan berbagai metode pengajaran, seperti cerita, gambar, video, permainan, atau proyek kolaboratif. Dengan menggunakan variasi metode, Anda dapat menjangkau berbagai jenis pembelajar dan membuat pembelajaran menjadi lebih menarik dan interaktif.
  3. Berikan Konteks yang Nyata: Sisipkan konsep kebhinekaan dalam konteks kehidupan nyata dan masalah sosial yang relevan. Ajak siswa untuk mempertimbangkan implikasi dari ketidakadilan, diskriminasi, atau konflik yang mungkin timbul akibat kurangnya penghargaan terhadap keberagaman.
  4. Diskusi Terbuka: Buatlah ruang diskusi terbuka di kelas di mana siswa dapat berbagi pemikiran, pengalaman, dan pendapat mereka. Berikan kesempatan bagi siswa untuk mendengarkan sudut pandang yang berbeda dan memahami perspektif orang lain. Jaga suasana kelas yang inklusif dan hormati setiap pendapat yang diungkapkan.
  5. Pemodelan Perilaku: Jadilah contoh yang baik dalam penghargaan terhadap keberagaman. Tunjukkan sikap dan tindakan yang mempromosikan inklusivitas, toleransi, dan penghormatan terhadap perbedaan. Siswa cenderung lebih responsif ketika mereka melihat perilaku yang diharapkan ditunjukkan oleh guru mereka.
  6. Bekerja dengan Kolaborasi: Libatkan siswa dalam proyek atau tugas yang melibatkan kerjasama dalam kelompok yang beragam. Ajak mereka untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan siswa yang memiliki latar belakang atau pandangan yang berbeda. Ini dapat membantu siswa melihat nilai dan manfaat dari kerjasama lintas keberagaman.
  7. Berikan Umpan Balik Konstruktif: Berikan umpan balik secara teratur kepada siswa tentang kemajuan mereka dalam memahami dan menerapkan konsep kebhinekaan. Berikan pujian untuk upaya mereka dan bantu mereka melihat bagaimana sikap dan tindakan mereka dapat memengaruhi hubungan dan lingkungan di sekitar mereka.

Nah itu saja yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini berkenaan dengan salah satu Contoh Soal Ulangan Harian Lengkap dengan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Bab IV Kurikulum Merdeka - Kebhinekaan Indonesia, semoga informasinya ada manfaatnya. Pada dasarnya admin disini bukan ingin menggurui rekan semua, namun hanya ingin berbagi informasi atau sharing informasi saja. Barangkali informasinya masih jauh dari kata sempurna, admin mengharapkan kritik dan sarannya dari rekan semua. Salam Berbagi Ilmu Pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Ulangan Harian Lengkap dengan Kunci Jawaban PPKN Kelas 7 Bab IV Kurikulum Merdeka - Kebhinekaan Indonesia"