Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Perbedaan Pemimpin dengan Manajer menurut Warren Bennis

Perbedaan Pemimpin dengan Manajer menurut Warren Bennis . Sebelum membahas mengenai perbedaan mengenai pemimpin dengan manajer alangkah baiknya kita mengetahui dahulu apa pengertian dari pemimpin dan manajer. Untuk itu lihat pengertiannya di bawah ini.


Pengertian pemimpin adalah orang yang mengemban tugas dan tanggung jawab untuk memimpin dan bisa mempengaruhi orang yang dipimpinnya.

Dengan menjadi seorang pemimpin berarti harus siap untuk pengayom rakyat. Artinya bukan hanya memimpin tetapi juga ikut ambil bagian dalam menyejahterakan rakyat.

Pemimpin yang baik harus bisa legowo dalam hal apapun, berani untuk mengambil resiko dan juga harus siap menerima kekalahan.

Hasan Basri Agus dalam tugas kepemimpinannya, selalu mengutamakan kesejahteraan rakyatnya. Beliau selalu sigap saat rakyatnya ada yang mengalami kesusahan dan butuh bantuan beliau.
Memberikan perhatian dan pengobatan gratis kepada salah satu rakyatnya yang menderita kanker mata merupakan wujud kepedulian seorang pemimpin yang patut kita contoh.Senyum sapa dan keramahan beliau memang tak diragukan lagi. Sudah selayaknya semua pemimpin melakukan hal ini. Dengan menjadi pemimpin berarti ikut merasakan penderitaan rakyat.

Sedangkan

Dalam dunia pekerja, anda tentu sudah tidak asing dengan kata manajer, sebenarnya apa yang dimaksud dengan manajer tersebut? Pengertian manajer adalah seseorang yang memiliki pengalaman, pengetahuan dan keterampilan baik yang diakui organisasi untuk dapat memimpin, mengelola, mengendalikan, mengatur dan mengembangkan organisasi dalam rangkai mencapai tujuannya.

Secara garis besar definisi manajer ialah seseorang yang dapat mengarahkan orang lain dan mampu bertanggung jawab atas kegiatan ataupun pekerjaan tersebut.

Perbedaan Pemimpin dengan Manajer menurut Warren Bennis ,1994 adalah sebagai berikut :


Pemimpin adalah sebagai berikut :

1. Seorang Inovator
2. Kreatif dan original
3. Mengembangkan organusasi
4. Berfokus pada orang
5. Menginspirasi kepercayaan dan komitmen
6. Wawasan jangka panjang
7. Bertanya apa dan mengapa
8. Melihat horizon
9. Menantang status quo dan memberi perubahan
10. Melakukan sesuatu yang benar

Manajer adalah sebagai berikut
  1. Seorang administator
  2. Peniru
  3. Mempertahankan sistem
  4. Berfokus pada sistem
  5. Mengendalikan kontrol dan pengawasan
  6. Wawasan jangka pendek
  7. Bertanya bagaimana dan kapan
  8. Melihat botton line
  9. Menerima dan mempertahankan status quo
  10. Melakukan sesuatu dengan benar
Nah itu saja ulasan mengenai Perbedaan Pemimpin dengan Manajer menurut Warren Bennis , yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Perbedaan Pemimpin dengan Manajer menurut Warren Bennis "