Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal | Soal PAS PKN Kur 13 Kelas IX Tapel 2018-2019

Contoh Soal | Soal PAS PKN Kur 13 Kelas IX Tapel 2018-2019. Seperti yang kita tahu, ujian adalah merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Dalam hal di sekolah atau pelaksanaan ujian akhir semester/ penilaian akhir semester satu/ ganjil, ujian berfungsi sebagai salah satu alat untuk mengukur sudah sejauh mana para peserta didik berhasil menyerap pelajaran selama satu semester.
Contoh Soal | Soal PAS PKN Kur 13 Kelas IX Tapel 2018-2019
Contoh Soal | Soal PAS PKN Kur 13 Kelas IX Tapel 2018-2019

Ujian juga bisa dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh selama satu semester yang sudah dijalani.

Untuk pelaksanaan UAS/ PAS baik semester 1 maupun semester 2, umumnya masih menggunakan media kertas dalam pelaksanaannya, baik model soal maupun media jawabnya. Untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, telah mulai dilaksanakan ujian yang berbasis UNBK atau komputer. Pelan-pelan UNKP/ berbasis kertas dan pensil akan tergeser dengan sistem UNBK tersebut.


LEMBAR NASKAH SOAL
Mata Pelajaran        : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan    : SMP
Kelas                      : IX
Hari/Tanggal            : ................./2018
Alokasi Waktu         : 120 Menit (13.00-15.00)
Kurikulum              : K 2013

PETUNJUK UMUM 
1. Gunakan pensil 2B untuk menghitamkan bulatan pada Lembar Jawaban (LJK). Contoh cara menghitamkan :
2. Tulislah Nomor Peserta pada kolom yang disediakan, kemudian hitamkan bulatan di bawahnya yang sesuai !
3. Hitamkan bulatan kecil pada kolom Mata Pelajaran yang sesuai !
4. Tulislah Tanggal USBN dan Nama Peserta serta bubuhkan Tanda Tangan pada kotak yang disediakan !
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya !
6. Laporkan kepada Pengawas Ruangan kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang !
7. Jumlah soal sebanyak 45 butir soal, terdiri atas 40 butir soal Pilihan Ganda dan 5 butir soal Uraian;
8. Dahulukan soal-soal yang Anda anggap mudah
9. Penilaian diatur sebagai berikut : Nilai minimal: 0,00 dan Nilai maksimal=100,00;
10. Mintalah kertas buram kepada Pengawas Ruangan, bila diperlukan;
11. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Ruangan;
12. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, kamus, HP, tabel matematika, atau alat bantu lainnya.
  

A. PILIHAN GANDA 
I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !

1. Perhatikan data di bawah ini !
1). Mr. Mochamad Yamin
2) Mr. Soepomo
3). Ir. Soekarno
4). Mr. Muhammad Hatta
5). Dr. Radjiman Wedyo Diningrat

Dari data di atas, tokoh yang mengajukan rumusan dasar negara Pancasila dalam sidang BPUPKI I pada tanggal 29 Mei s.d 1 Juni 1945 ditunjukan oleh nomor ....

A. (1), (2), dan (3)
B. (2), (3), dan (4)
C. (3), (4), dan (5)
D. (1), (3), dan (5)

2. Perhatikan beberapa pernyataan berikut !

(1). Mengutamakan semangat persatuan, kesatuan dan nasionalisme yang tinggi
(2). Adanya keinginan menjadi pemimpin bangsa yang di hormati
(3). Selalu bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan kelompok
(4). Berupaya keras mewujudkan cita-cita bangsa yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur
(5). Melaksanakan tugas demi kepentingan negara tanpa mengesampingkan kepentingan pribadi

Komitmen yang dimiliki para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....

A. (1) dan (4)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

3. Nilai kebersamaan yang timbul dari para perumus saat melakukan rapat perumusan Dasar Negara yaitu ….

A. rela berkorban demi golongannya
B. rasa senasib dari suku yang sama
C. menghargai pendapat orang lain
D. pantang menyerah demi keinginan

4. Dalam Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, rumusan Pancasila sebagai dasar falsafah negara (philosofishe Groundslag) dan ideologi negara (staatidee ) jelas tersurat dalam alinea....

A. Satu
B. Dua
C. Tiga
D. Empat

5. Setiap warga negara , baik rakyat maupun pemerintah harus menjungjung tinggi harkat dan martabat manusia. Hal ini merupakan pernyataan yang sesuai dengan perwujudan Pancasila terutama sila ….
A. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B. Persatuan Indonesia
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh khidmat kebijaksanaan dalam Permusyawaratan perwakilan
D. Keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia

6. Perhatikan pernyataan dibawah ini!.

1. Ketuhanan dengan berkebudayaan
2. Keseimbangan Lahir dan Batin
3. Peri Kebangsaan
4. Peri Kerakyatan
5. Kesejahteraan rakyat

Usulan dasar negara yang dikemukakan oleh Mr. M. Yamin ditunjukan dengan nomor...

A. 1,2 dan 3
B. 1,3 dan 4
C. 2,3 dan 5
D. 3,4 dan 5

7. Pancasila merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari segala tingkah laku dan perbuatan kita harus mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Perilaku yang mencerminkan penerapan sila kedua Pancasila dalam kehidupan masyarakat adalah ....

A. membina kerukunan hidup antarsesama umat seagama
B. mengembangkan sikap saling mencintai sesama manusia
C. sanggup rela berkorban untuk kepentingan bangsa dan negara
D. tidak memaksakan kehendak diri sendiri kepada orang lain

8. Para pendiri bangsa memberikan contoh semangat dan komitmen kepada bangsa dan negara dalam merumuskan Dasar Negara. Generasi penerus terutama siswa dapat menerapkan semangat dan komitmen kebangsaan seperti yang ditunjukan oleh para pendiri bangsa dengan cara ….

A. mengikuti pemilihan kepala daerah dengan jujur
B. mengikuti upacara bendera dengan khidmat
C. mengikuti dan memperhatikan perintah orang tua
D. mengikuti gotong royong bersama dengan masyarakat sekitar 

9. Rudi meminta ijin kepada orang tuanya hendak mengerjakan tugas sekolah di rumah temannya, namun sebenarnya dia pergi untuk bermain. Perbuatan Rudi ini telah melanggar norma kesusilaan. Pernyataan yang menunjukkan sanksi yang akan diterima Rudi adalah .... 

A. selama bermain hati Rudi merasa gembira 
B. rudi tidak di ijinkan pulang oleh orang tuanya 
C. timbul ketidakpercayaan orangtuanya kepada Rudi 
D. ketika pulang Rudi mendapat amarah dari tetangga rumahnya


10. Pancasila merupakan sistem nilai ideal yang dicita-citakan, memberi arah dan tujuan yang diyakini dan akan diwujudkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, merupakan fungsi pancasila sebagai ....

A Ideologi negara
B Dasar negara
C Perjanjian luhur bangsa
D Kepribadian bangsa

11. Dalam suatu rapat terjadi perbedaan pendapat yang dipertahankan oleh masing-masing kelompok sebagai pendapat yang paling tepat untuk dijadikan keputusan dalam rapat sehingga rapat menemui jalan buntu. Dalam kondisi seperti itu akhirnya pemimpin rapat mengambil kebijakan keputusan rapat di tunda dan memanggil perwakilan dari masing-masing kelompok peserta rapat untuk membahas permasalahan dalam rapat kecil. Sikap yang diambil pemimpin rapat ini sebagai bentuk perwujudan sila keempat Pancasila.

Berdasarkan ilustrasi tersebut menunjukkan Pancasila sebagai pandangan hidup yang berfungsi ....

A. menunjukkan arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan cita-cita bangsa
B. menjadi pegangan dan pedoman dalam menyelesaikan masalah dan tantangan
C. menunjukkan gagasan-gagasan mengenai wujud kehidupan yang dicita-citakan
D. memberikan kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif

12. Pada sidang BPUPKI kedua, disepakati isi rumusan dasar negara diambil dari isi Piagam Jakarta. Perubahan rumusan dasar negara pada Piagam jakarta bertujuan untuk....

A. mengikuti kemauan para tokoh nasional
B. menyederhanakan rumusan dasar negara
C. menghindari salah penafsiran
D. menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

13. Seorang tukang buah-buahan diserempet sepeda motor. Pengendara sepeda motor langsung pergi tanpa melihat kondisi korban. Padahal semua dagangannya berantakan. Beruntung pedagang tersebut hanya lecet saja . Seandainya kamu melihat kejadian tersebut, tindakan yang akan kamu lakukan adalah….

A. mengambil buah-buahannya
B. menasehati supaya jualan di pasar
C. menyampaikan supaya lebih berhati-hati apabila jualan di jalan
D. menolong membereskan semua dagangannya


14. Perhatikan beberapa contoh perilaku berikut!

1. Memiliki semangat tenggang rasa dan tepa selira
2. Menghargai hasil karya orang lain
3. Mengakui persamaan derajat dan martabat manusia
4. Menjunjung tinggi semangat hidup rukun
Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah ….

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

15. Dalam sidang BPUKI, Mochamad Yamin menyatakan:”...rakyat Indonesia mesti mendapat dasar negara yang berasal dari peradaban kebangsaan Indonesia; orang timur pulang ke kebudayaan timur”.
“...kita tidak berniat lalu akan meniru sesuatu tata negara negeri luaran. Kita bangsaIndonesia masuk yang beradab dan berkebudayaan, kita beribu-ribu tahun umurnya.”
Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa Pancasila....

A. Harus memiliki semangat juang
B. Harus memiliki semangat persatuan dan kesatuan
C. Harus sesuai dengan ciri khas dan kepribadian bangsa
D. Harus sesuai dengan keinginan para pendiri bangsa

16. Menurut pasal 2 ayat (1) UUD NRI Tahun 1945 dijelaskan bahwa MPR terdiri atas anggota DPR dan DPD yang dipilih melalui pemilihan umum dan diatur lebih lanjut dengan undang-undang. Hal tersebut dimaksudkan agar ....

A. MPR menjadi lembaga tertinggi negara Republik Indonesia
B. MPR mempunyai tugas menetapkan Undang-Undang Dasar
C. MPR merupakan bagian dari Dewan Perwakilan Rakyat
D. mengoptimalkan pelaksanaan kedaulatan rakyat

17. Salah satu pasal hasil amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berbunyi “kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang dasar”. Alasan yang melatarbelakangi amandemen pasal tersebut adalah ....

A. menuju negara yang semakin demokratis
B. membatasi tugas dan tanggung jawab Presiden
C. menghasilkan pemimpin yang didukung rakyatnya
D. melaksanakan amanat dari para tokoh pendiri bangsa

18 Tata urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia disusun secara hierarkis. Makna hierarki peraturan perundangan adalah peraturan yang ….

A. lebih rendah menjadi pertimbangan pembuatan peraturan diatasnya
B. lebih tinggi menjadi sumber dan dasar bagi peraturan dibawahnya
C. bersifat khusus mengesampingkan peraturan yang bersifat umum
D. baru disahkan mengesampingkan peraturan-peraturan yang lama


19. Hubungan kerja antara Presiden dan DPR berdasarkan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 hasil amandemen Pasal 13 ayat 2 yaitu ....

A Memberi gelar, tanda jasa, dan lain-lain tanda kehormatan
B. Memberi amnesti dan abolisi dengan memperhatikan pertimbangan DPR
C. Mengangkat dan menerima duta dan konsul dengan memperhatikan pertimbangan DPR.
D. Memberi grasi dan rehabilitasi dengan memperhatikan pertimbangan MA.

20. Perhatikan penggolongan hukum berikut !

(1). Hukum Nasional
(2). Hukum Kebiasaan
(3). Hukum Internasional
(4). Hukum Undang-Undang

Berdasarkan pernyataan di atas, pembagian hukum berdasarkan sumbernya ditunjukkan oleh nomor ....
A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

21. Dalam kehidupan bermasyarakat ,berbangsa dan bernegara, ada suatu aturan yang harus ditaati oleh semua pihak. Peraturan itu berisi perintah dan larangan yang salah satunya berfungsi untuk mempengaruhi tingkah laku manusia dalam masyarakat tersebut.
Pernyataan diatas merupakan pengertian dari....

A. Norma
B. Kebiasaan
C. Adat istiadat 
D. Peraturan 

22. Rudi meminta ijin kepada orang tuanya hendak mengerjakan tugas sekolah di rumah temannya, namun sebenarnya dia pergi untuk bermain. Perbuatan Rudi ini telah melanggar norma kesusilaan. Pernyataan yang menunjukkan sanksi yang akan diterima Rudi adalah .... 

A. selama bermain hati Rudi merasa gembira 
B. rudi tidak di ijinkan pulang oleh orang tuanya 
C. timbul ketidakpercayaan orangtuanya kepada Rudi 
D. ketika pulang Rudi mendapat amarah dari tetangga rumahnya

23. Perhatikan data-data berikut!

(1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
(2) Peraturan Presiden
(3) UU/Perpu
(4) Ketetapan MPR
(5) Peraturan Daerah Provinsi
(6) Peraturan Daerah Kabupaten/Kota
(7) Peraturan Pemerintah
Tata urutan perundang undangan yang benar menurut UU No.12 tahun 2011 adalah

A. (1) – (3) – (4) – (7) – (2) – (5) – (6)
B. (1) – (4) – (2) – (3) – (7) – (5) – (6)
C. (1) – (3) – (4) – (7) – (2) – (5) – (6)
D. (1) – (4) – (3) – (7) – (2) – (5) – (6)

24. Mewujudkan prinsip mengawasi dan menyeimbangkan (checks and balances) antara lembaga-lembaga negara dengan mekanisme hubungan yang serasi dan harmonis. Yang menjadi kewenangan Mahkamah Agung menurut (Pasal 24A (1)

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 yaitu ….

A. Mengusulkan pengangkatan hakim agung.
B. Menguji peraturan perundang-undangan dibawah UU terhadap UU
C. Memberikan putusan atas pendapat DPR mengenai pelanggaran Presidendan/ atau Wakil Presiden.
D. Memutus hasil perselisihan tentang Pemilu

25. Perhatikan pernyataan dalam alinea ketiga pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berikut ini : “Atas berkat rahmat Allah Yang Maha Kuasa dan dengan didorongkan oleh keinginan luhur, supaya berkehidupan kebangsaan yang bebas, maka rakyat Indonesia menyatakan dengan ini kemerdekaannya” pernyataan tersebut mengandung makna ....

A. kemerdekaan Indonesia merupakan hasil perjuangan rakyat Indonesia dan atas kuasa Tuhan Yang Maha Esa
B. niat yang luhur dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa menjadi pendorong bangsa Indonesia untuk terus berjuang melenyapkan bangsa penjajah
C. kemerdekaaan tidak semata-mata adalah hasil pemberian dari pemerintah Jepang, tetapi juga atas kuasa dan rahmat Tuhan Yang Maha Esa 
D. kemerdekaan merupakan keinginan dan tekad sebagian pemimpin bangsa Indonesia untuk menjadikan bangsa yang bebas merdeka

26. Indonesia menganut bentuk pemerintahan demokrasi dimana kedaulatan rakyat menjadi pilar dalam penyelenggaraan pemerintahan. Pernyataan berikut ini yang merupakan makna dari kedaulatan rakyat adalah ....

A. pemerintah wajib tunduk kepada rakyat
B. rakyat menjalankan pemerintahan secara langsung
C. rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi dalam negara
D. pemerintahan dijalankan untuk kepentingan wakil-wakil rakyat

27.Didalam kehidupan bermasyarakat, kadang kala ada seseorang yang suka memberi pinjaman kepada orang lain dengan syarat ketika mengembalikan harus ditambah bunga dengan prosentase yang ditetapkan oleh yang meminjamkan. Perbuatan orang yang meminjamkan uang tersebut, selain merugikan orang lain juga bertentangan dengan norma....

A. Agama
B. Kesusilaan
C. Kesopanan
D. Hukum

28. Ketua lembaga X menyatakan bahwa pihaknya akan memulai pelaksanaan siding perselisihan hasil pemilihan umum kepala daerah atau PIKADA serentak pada tanggal 5 Juli 2018. Ketua lembaga X akan melakukan gelar perkara secara internal terlebih dahulu untuk mempelajari perkara yang diajukan. Dari cerita diatas, menunjukkan bahwa lembaga X adalah....

A. Majelis Permusyawaratan Rakyat
B. Dewan Perwakilan Rakyat
C. Mahkamah Konstitusi
D. Mahkamah Agung

29. Rudi meminta ijin kepada orang tuanya hendak mengerjakan tugas sekolah di rumah temannya, namun sebenarnya dia pergi untuk bermain. Perbuatan Rudi ini telah melanggar norma kesusilaan. Pernyataan yang menunjukkan sanksi yang akan diterima Rudi adalah ....

A. selama bermain hati Rudi merasa gembira
B. rudi tidak di ijinkan pulang oleh orang tuanya
C. timbul ketidakpercayaan orangtuanya kepada Rudi
D. ketika pulang Rudi mendapat amarah dari tetangga rumahnya

30. Pernyataan yang mencerminkan nilai-nilai semangat Sumpah Pemuda adalah ..

A Mematuhi perintah orang tua
B Mengikuti pemilihan ketua OSIS
C Membentuk organisasi karang taruna
D Mendaftarkan diri menjadi petugas ronda

31. Organisasi pergerakan nasional yang mempunyai peran yang sangat penting dalam kebangkitan nasional Indonesia yang dipelopori oleh golongan pelajar adalah....

A. Budi Utomo
B. Sarikat Dagang Islam
C. Perhimpunan Indonesia
D. Himpunan Mahasiswa Islam

32. Pak Budi sebagai seorang dokter. Suatu ketika beliau ditugaskan ditempat terpencil yang jauh dari tempat tinggalnya. Keluarganya pun tidak mungkin diajak ke tempat tugasnya. Meskipun demikian pak Budi dengan senang hati melakukan tugasnya. Sikap Pak Budi mencerminkan sikap kebangsaan terutama sikap....

A. Nasionalisme
B. Rendah hati
C. Patriotisme
D. Bijaksana

33. Persatuan dan Kesatuan harus selalu kita perkuat. Salah satu contoh tindakan yang dapat dilakukan untuk memperkuat persatuan dan kesatuan dalam lingkungan masyarakat adalah ....

A. membayar pajak sesuai dengan waktunya
B. melakukan kampanye anti bullying di Sekolah
C. membiasakan diri bertegur sapa dengan tetangga
D. mengadakan kegiatan pentas seni antar pelajar

34. Kita sebagai warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha bela negara. Hakikat bela negara adalah ….

A. Kondisi dinamis suatu bangsa yang berisi ketahanan dan ketangguhan dalam menghadapi proses globalisasi;
B. Sikap dan perilaku Bangsa Indonesia yang siap menghadapi berbagai ancaman dari pengaruh modernisasi;
C. Kesiapan suatu bangsa dalam menghadapi konflik, baik dari dalam negeri maupun luar negeri;
D. Sikap dan perilaku bangsa dalam mempertahankan tetap tegaknya NKRI

35. Kongres pemuda II dilaksanakan di Jakarta pada tanggal 28 Oktober 1928. Makna yang terkandung dalam pelaksanaan kongres pemuda II adalah ....

A. memperkokoh persatuan dan kesatuan
B. terusirnya penjajah dari bumi Indonesia
C. hapusnya kebodohan dan kemiskinan bangsa
D. terangkatnya martabat bangsa di dunia

 36. Sering kita jumpai seseorang menunjukkan gaya hidup mewah. Mereka menyu-kai barang   mahal produksi luar negeri bahkan tak jarang mereka memamerkan koleksi barang mewah mereka di media sosial. Harga mahal bukan halangan bagi mereka untuk membeli karena memiliki barang bermerek dari luar negeri dirasa mampu meningkatkan kepercayaan diri dan eksistensi. Faktor penyebab lunturnya kebanggaan terhadap produk dalam negeri adalah ....

A. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur
B. rendahnya semangat nasionalisme dan patriotisme di masyarakat
C. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi
D. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya
 

37. Sering kita jumpai seseorang menunjukkan gaya hidup mewah. Mereka menyu-kai barang mahal produksi luar negeri bahkan tak jarang mereka memamerkan koleksi barang mewah mereka di media sosial. Harga mahal bukan halangan bagi mereka untuk membeli karena memiliki barang bermerek dari luar negeri dirasa mampu meningkatkan kepercayaan diri dan eksistensi. Faktor penyebab lunturnya kebanggaan terhadap produk dalam negeri adalah ....

A. munculnya rasa iri sebagian masyarakat terhadap para publik figur
B. rendahnya semangat nasionalisme dan patriotisme di masyarakat
C. tingginya semangat untuk memperlihatkan kekayaan pribadi
D. rendahnya kemampuan seseorang mengendalikan keinginannya

38. Sumpah Pemuda merupakan bentuk kesepakatan masyarakat Indonesia untuk mengikat diri dalam satu ikatan kebangsaan. Generasi muda mempunyai kewajiban moral untuk menjaga konsensus tersebut. Apabila generasi muda berkomitmen menjaga kesepakatan tersebut akan memberikan dampak positif yaitu semakin kuatnya ikatan nasionalisme bangsa Indonesia. Tetapi, apabila generasi muda tidak peduli lagi terhadap hasil konsensus tersebut akan berakibat buruk bagi kehidupan bangsa dan negara.

Berdasarkan wacana tersebut, dampak negatif yang bisa timbul apabila generasi muda tidak mengimplementasikan nilai-nilai Sumpah Pemuda yaitu ....

A. Melemahnya ikatan cinta kepada daerah kelahiran
B. Melemahnya ikatan nasionalisme bangsa Indonesia
C. Hilangnya kewajiban moral generasi penerus
D. Lunturnya ikatan persaudaraan

39. Perhatikan data di bawah ini,

1) Memperketat pengawasan terhadap bangsa asing yang masuk ke Indonesia
2) Melarang masuknya barang impor ke Indonesia
3) Meningkatkan kwalitas SDM
4) Mencegah masuknya barang-barang ilegal ke Indonesia

Berdasarkan data di atas, yang merupakan contoh sikap yang harus dilakukan bangsa Indonesia dalam memperkokoh NKRI ditunjukan nomor...

A. 1,2,3
B. 1,2,4
C. 1,3,4
D. 2,3,4

40. Setiap daerah di Indonesia pasti memiliki bahasa daerah. Bahasa daerah yang satu dan lainnya tentu berbeda. Perbedaan bahasa dapat menyebabkan komunikasi antar daerah terganggu. Namun melalui bahasa Indonesia seluruh rakyat Indonesia dapat berkomunikasi dan saling mengerti. Berdasarkan usaha tersebut bahasa Indonesia dapat menciptakan ....

A Keindahan dalam perbedaan
B Kebahagian hidup dalam kebergaman
C Kemudahan dalam perbedaan
D Persatuan dalam keberagaman

B. Uraian

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas !

41. Sidang BPUPKI yang pertama pada tanggal 29 mei – 1 Juni 1945 menghasilkan rumusan dasar negara. Salah satu tokoh yang mengusulkan rancangan dasar negara yaitu Mr. Soepomo pada tanggal 31 Mei 1945. Tuliskan rancangan dasar negara menurut Mr. Soepomo! 

42. Siapakah Bapak Koperasi Indonesia ?

43. Setiap norma yang bersumber dari negara dan masyarakat, pasti memiliki sanksi hukum. Namun demikian keberadaan norma hukum dipandang memiliki sanksi yang lebih tegas dan jelas. Jelaskan mengapa demikian?

44 Komisi Yudisial merupakan lembaga negara yang bersifat mandiri dan dalam pelaksanaanwewenangnya bebas dari campur tangan atau pengaruh kekuasaan lainnya.
Sebutkan 3 (tiga) kewenangan Komisi Yudisial dalam menjalankan tugas tersebut !

45. Kongres pemuda II yang dilaksanakan tanggal 28 oktober 1928 di Jakarta menghasilkan sebuah ikrar yang dijadikan tonggak bersejarah bagi bangsa Indonesia. Tuliskan isi Sumpah Pemuda dengan benar!

Nah itu saja sobat, yang bisa saya sampaikan pada kesempatan ini, semoga informasi mengenai contoh soal penilaian akhir semester untuk mata pelajaran PPKn kurikulum 2013 ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal | Soal PAS PKN Kur 13 Kelas IX Tapel 2018-2019"