Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal | Soal PAS PKN Kelas IX Tahun Pelajaran 2018-2019

Soal PAS PKN Kelas IX Tahun Pelajaran 2018-2019
Soal PAS PKN Kelas IX Tahun Pelajaran 2018-2019
Contoh Soal | Soal PAS PKN Kelas IX Tahun Pelajaran 2018-2019. Seperti yang kita tahu, ujian adalah merupakan cara terbatas untuk mengukur kemampuan seseorang. Dalam hal di sekolah atau pelaksanaan ujian akhir semester/ penilaian akhir semester satu/ ganjil, ujian berfungsi sebagai salah satu alat untuk mengukur sudah sejauh mana para peserta didik berhasil menyerap pelajaran selama satu semester.

Ujian juga bisa dijadikan sebagai alat evaluasi untuk menilai berapa jauh pengetahuan sudah dikuasai dan ketrampilan yang sudah diperoleh selama satu semester yang sudah dijalani.

Untuk pelaksanaan UAS/ PAS baik semester 1 maupun semester 2, umumnya masih menggunakan media kertas dalam pelaksanaannya, baik model soal maupun media jawabnya. Untuk Ujian Nasional dan Ujian Sekolah, telah mulai dilaksanakan ujian yang berbasis UNBK atau komputer. Pelan-pelan UNKP/ berbasis kertas dan pensil akan tergeser dengan sistem UNBK tersebut.

LEMBAR NASKAH SOAL

Mata Pelajaran : Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Satuan Pendidikan : SMP
Kelas : IX
Hari/Tanggal : ................./2018
Alokasi Waktu : 120 Menit (13.00-15.00)
Kurikulum : K 2013

PETUNJUK UMUM
1. Gunakan pensil 2B untuk menghitamkan bulatan pada Lembar Jawaban (LJK). Contoh cara menghitamkan :
2. Tulislah Nomor Peserta pada kolom yang disediakan, kemudian hitamkan bulatan di bawahnya yang sesuai !
3. Hitamkan bulatan kecil pada kolom Mata Pelajaran yang sesuai !
4. Tulislah Tanggal USBN dan Nama Peserta serta bubuhkan Tanda Tangan pada kotak yang disediakan !
5. Periksa dan bacalah soal-soal sebelum Anda menjawabnya !
6. Laporkan kepada Pengawas Ruangan kalau terdapat tulisan yang kurang jelas, rusak atau jumlah soal kurang !
7. Jumlah soal sebanyak 45 butir soal, terdiri atas 40 butir soal Pilihan Ganda dan 5 butir soal Uraian;
8. Dahulukan soal-soal yang Anda anggap mudah
9. Penilaian diatur sebagai berikut : Nilai minimal: 0,00 dan Nilai maksimal=100,00;
10. Mintalah kertas buram kepada Pengawas Ruangan, bila diperlukan;
11. Periksalah pekerjaan Anda sebelum diserahkan kepada Pengawas Ruangan;
12. Tidak diizinkan menggunakan kalkulator, kamus, HP, tabel matematika, atau alat bantu lainnya.

A. PILIHAN GANDA

I. Pilihlah salah satu jawaban yang paling benar !
Perhatikan tabel di bawah ini!
No. Nama Tokoh
1. Muh. Yamin
2. Moh. Hatta
3. Ir. Soekarno
4. Mr. Supomo
Yang mengusulkan rancangan dasar negara pada tanggal 29 dan 30 Mei 1945 ditunjukkan nomor ... .

A. 1, 2
B. 1, 4
C. 2, 3
D. 3, 4

Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

(1). Memiliki sikap nasionalisme yang tinggi
(2). Memiliki keinginan menjadi pemimpin yang di hormati
(3). Bersemangat dalam memperjuangkan kepentingan golongan
(4). Berupaya keras mewujudkan cita-cita pribadi
(5). Mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi

Komitmen yang dimiliki para tokoh dalam perumusan dan penetapan Pancasila sebagai dasar negara, ditunjukkan pernyataan-pernyataan pada nomor ....

A. (1) dan (5)
B. (2) dan (3)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)


3. Perhatikan pernyataan berikut ini!

1) Tidak menghina orang lain
2) Menghargai perbedaan suku bangsa
3) Tidak bermusuhan dengan teman sekelas
4) Mengembangkan semangat kebersamaan

Nilai-nilai tersebut merupakan perwujudan dari sila ....

A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia


4. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa mempunyai arti yang sangat Penting yakni sebagai ....

A. Pelindung dari berbagai bentuk ancaman militer dari luar negara
B. Petunjuk dalam pemecahan masalah yang dihadapi bangsa
C. Dasar bagi pembentukan peraturan perundang - undangan
D. Pedoman bagi kehidupan masyarakat Indonesia

5. Akhir-akhir ini kita sering mendengar dan melihat adanya kasus bulying atau tindakan kekerasan fisik yang dilakukan oleh seorang siswa atau kelompok siswa terhadap siswa yang lainnya di sekolah. Tindakan yang dilakukan siswa tersebut tidak sesuai dengan pengamalan nilai-nilai Pancasila, terutama sila ke- ....
a. Satu
b.Dua
c.Tiga
d.Empat

6. Perhatikan gagasan-gagasan mengenai dasar negara berikut!

(1) Mufakat/Demokrasi
(2) Musyawarah
(3) Keadilan Rakyat
(4) Persatuan
(5) Kesejahteraan Sosial

Urutan gagasan yang dikemukakan oleh Ir. Soekarno dalam proses perumusan dasar negara adalah ....

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (5)
C. (3) dan (4)
D. (4) dan (5)

7. Pancasila sebagai dasar negara Indonesia memiliki nilai-nilai luhur yang patut untuk diamalkan oleh seluruh rakyat Indonesia. Perilaku yang mencerminkan penerapan sila ketiga Pancasila adalah ...

A. Menghormati dan menghargai perbedaan pendapat dengan orang lain
B. Mengembangkan sikap saling mencintai dan menghargai sesama manusia
C. Memiliki sikap rela berkorban untuk kemajuan, kepentingan bangsa dan negara
D. Mengembangkan kebudayaan daerahnya sebagai bagian dari kebudayaan nasional

8. Perhatikan beberapa contoh perilaku berikut!

(1) Memiliki semangat tenggang rasa dan tepa selira
(2) Menghargai hasil karya orang lain
(3) Mengakui persamaan derajat dan martabat manusia
(4) Menjunjung tinggi semangat hidup rukun

Perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai sila kemanusiaan yang adil dan beradab adalah ….

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (2) dan (4)

9. Rumusan dasar negara yang terdapat pada Piagam Jakarta yang mendapat protes terutama warga negara indonesia bagian timur yaitu ....

A. Ketuhanan dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Keadilaan sosial

10. Berikut ini merupakan alasan Pancasila dijadikan sebagai dasar dan ideologi negara yaitu ....

A. Pancasila merupakan kumpulan dari berbagai ideologi besar didunia Nilai-nilai Pancasila bersumber dari kepribadiaan bangsa Indonesia
B. Pancasila merupakan satu-satunya alat pemersatu bangsa
C. Nilai-nilai Pancasila bersumber dari kepribadiaan bangsa Indonesia
D. Pancasila sesuai dengan masyarakat Indonesia yang heterogen

11. Dalam sidang DPR terjadi perdebatan seru antar perwakilan fraksi, sehingga sidang menemui jalan buntu. Sebagai bentuk pengamalan nilai-nilai Pancasila seluruh anggota yang hadir dalam sidang sepakat hasil keputusan sidang tetap mengutamakan tujuan negara kesatuan.

Dari ilustrasi tersebut menunjukkan Pancasila sebagai pandangan hidup berfungsi ....

A. Menjadi pengikat dalam segala pengambilan keputusan
B. Pedoman hukum yang memiliki nilai mutlak yang wajib diikuti
C. Memberikan kemampuan untuk menyaring pengaruh-pengaruh yang negatif
D. Menunjukkan arah atau tujuan yang akan dicapai sesuai dengan cita-cita bangsa

12. Perhatikan kutipan pidato di bawah ini!

“... Saya akan menetapi permintaan Paduka Tuan Ketua yang mulia. Apakah permintaan Paduka telah mengalami Tuan Ketua yang mulia ? Paduka Tuan dan Ketua perubahan yang mulia minta kepada sidang Dokuritsu Zyunbi Tyoosakai untuk mengemukakan Dasar Indonesia Merdeka. Dasar inilah nanti akan saya kemukakan di dalam pidato saya ini.” (Risalah Sidang, Halaman 63)

Dalam sidang BPUPKI pertama tertanggal 1 Juni 1945, Ir. Soekarno memiliki peran sebagai ... .

A. Ketua BPUPKI
B. Mengusulkan istilah Piagam Jakarta
C. Memimpin sidang BPUPKI pertama
D. Pengusul dasar negara

13. Seorang calon kepala daerah memberikan uang suap kepada seorang pejabat penegak hukum, karena diyakininya bahwa dengan memberikan uang suap maka pihaknya akan dimenangkan dalam sengketa pilkada yang sedang bergulir. Berdasarkan ilustrasi diatas, sikap calon kepala daerah tidak sesuai dengan pengamalan pancasila terutama sila ....

A. Kemanusiaan yang adil dan beradab
B. Persatuan Indonesia
C. Kerakyatan yang dipimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan
D. Keadilaan sosial bagi seluruh rakyat indonesia

14. Perhatikan tabel dibawah ini.

NO
Nilai-Nilai Pancasila
1. Berani membela kebenaran dan keadilan
2.
Mengembangkan sikap tidak semena-mena terhadap orang lain
3 Gemar melakukan kegiatan kemanusiaan
4 Mengembangkan sikap adil terhadap sesama
5 Mengembangkan keseimbangan antara hak dan kewajiban
     









Nilai keadilan dalam Pancasila ditunjukkan nomor ….

A. 1 dan 2
B. 2 dan 3
C. 3 dan 4
D. 4 dan 5

15. Pancasila memiliki makna sebagai sumber semangat bagi UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945, bagi penyelenggara negara, para pelaksana pemerintahan termasuk juga para pengurus partai politik dan golongan fungsional, makna tersebut menunjukan kedudukan Pancasila sebagai ....

A. Dasar negara
B. Sumber nilai
C. Ideologi bangsa
D. Perjanjian luhur

16. Pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 tidak dapat diubah oleh siapapun dan kapanpun termasuk MPR hasil pemilu. Pernyataan itu bukan tidak beralasaan karena jika Pembukaan
UUD NRI 1945 diubah berarti ....

A. Akan terjadi penghiantan bangsa dan merusak persatuan dan kesatuan
B. Tidak menghargai jasa para pahlawan kemerdekaan yang telah berjuang
C. Membubarkan NKRI yang diproklamasikan
D. Akan mengakibatkan perpecahaan karena pada umumnya tidak setuju diubah

17. Perhatikan beberapa pernyataan berikut!

(1) Menaati peraturan tentang HAM
(2) Menghakimi pelaku pelanggar HAM
(3) Pemberian sanksi pelanggar HAM
(4) Mengganti seluruh UU tentang HAM

Upaya penegakkan HAM dapat dilakukan dengan pernyataan-pernyataan nomor ....

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (3)
D. (3) dan (4)

18. Setiap negara memiliki tata urutan peraturan perundangan yang berbeda. Hierarki tata urutan Peraturan Perundang-Undangan di Indonesia mengandung makna bahwa setiap ….

A. Peraturan di bawahnya tidak boleh bertentangan dengan peraturan diatasnya
B. Peraturan di atasnya tidak boleh bertentangan dengan peraturan dibawahnya
C. Pembentukan peraturan baru harus mempunyai tujuan yang jelas dan sitematis
D. Pembentukan peraturan baru harus dibuat oleh lembaga yang berwenang

19. Salah satu pasal hasil amandemen UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berbunyi: “Kedaulatan berada di tangan rakyat dan dilaksanakan menurut undang-undang”. Alasan yang melatarbelakangi amandemen pasal tersebut adalah agar ....

A. Menuju negara yang semakin demokratis
B. Membatasi tugas dan tanggung jawab Presiden
C. Menghasilkan pemimpin yang didukung rakyatnya
D. Melaksanakan amanat dari para tokoh pendiri bangsa

20. Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!

(1) Hukum Tertulis
(2) Hukum Material
(3) Hukum tidak tertulis
(4) Hukum Formal

Berdasarkan pernyataan diatas pembagian hukum menurut bentuknya ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....

A. (1) dan (2)
B. (1) dan (3)
C. (2) dan (4)
D. (3) dan (4)

21. Aturan hidup yang berasal dari Tuhan Yang Maha Esa yang berisi perintah dan larangan termasuk norma .... 

A. Kesopanan
B. Kesusilaan
C. Agama
D. Hukum

22. Perhatikan beberapa perilaku berikut!

1. Apabila berangkat sekolah berpamitan kepada orang tua
2. Selalu menaati peraturan di sekolah
3. Mengucapkan salam kepada Bapak/Ibu guru
4. Selalu rajin beribadah setiap waktu
Perilaku yang sesuai dengan norma kesopanan ditunjukkan oleh pernyataan-pernyataan nomor ....

A (1) dan (2)
B (1) dan (3)
C (2) dan (3)
D (3) dan (4)

23. Perhatikan data-data berikut!

(1) UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945
(2) UU/Perpu
(3) PP
(4) Ketetapan MPR
(5) Peraturan Presiden
(6) Peraturan Daerah provinsi 
(7) Peraturan Daerah kabupaten

Tata urutan perundang undangan di bawah ketetapan MPR ditunjukan nomor ....

A. (6) (3) (4) (7) (2)
B. (1) (4) (2) (3) (7)
C. (5) (3) (4) (7) (1)
D. (2) (3) (5) (6) (7)

24. Salah satu tugas Presiden sebagai kepala negara adalah memegang kekuasaan AD, AL dan AU, yang diatur dalam UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 terutama pasal ....

A. 9
B. 10
C. 11
D. 12

25. Perhatikan pernyataan dalam alinea pertama pembukaan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 berikut ini : “Bahwa sesungguhnya kemerdekaan itu ialah hak segala bangsa dan oleh sebab itu, maka penjajahan di atas dunia harus dihapuskan karena tidak sesuai dengan perikemanusiaan dan perikeadilan”

Pernyataan tersebut mengandung makna ....

A. Para pejuang bangsa yakin bahwa kemerdekaan pasti dapat diraih tanpa bantuan negara-negara lain
B. Keteguhan bagi bangsa Indonesia berdiri dengan tegak untuk melawan negara-negara kuat di eropa
C. Keteguhan pendirian bangsa Indonesia untuk melawan penjajah demi mencapai kemerdekaan
D. Niat yang luhur menjadi pendorong bangsa Indonesia untuk melenyapkan bangsa penjajah

26. Demokrasi adalah salah satu bentuk pemerintahan berdasarkan pengelompokan negara menurut letak kekuasaan tertinggi. Kedaulatan tertinggi tersebut berada di tangan rakyat yang memiliki makna ….

A. Pemerintahan dijalankan langsung oleh rakyat
B. Pemerintahan mendapatkan mandat dari rakyat
C. Pemerintahan di jalankan untuk kepentingan wakil rakyat
D. Lembaga perwakilan rakyat sebagai pemegang kekuasaan tertinggi

27. Norma kesopanan disebut juga kebiasaan.kebiasaan diterima suatu masyarakat sebagai aturan yang…

A. Telah ditetapkan oleh pemerintah
B. Mengikat karena ditetapkan oleh pemerintah
C. Mengikat walaupun tidak ditetapkan oleh pemerintah
D. Tidak mengikat karena tidak ditetapkan oleh pemerintah

28. Prhatikan pernyataan berikut !

1. Peningkatan pengamalan ajaran agama
2. Penegakan hukum yang sepihak
3. Peningkatan kualitas dan moral bangsa
4. Penegakan hukum yang tegas

Upaya yang dilakukan untuk mencegah dan memberantas terjadinya praktek korupsi, kolusi dan nepotisme adalah no ....

A. 1, 2 dan 3
B. 1, 2 dan 4
C. 1, 3 dan 4
D. 2, 1 dan 4

29. Didi sering berbicara tidak sopan ketika bermain dengan teman-teman dilingkungan sekitarnya. Orang tuanya sudah seringkali menasihati, tetapi Didi tidak mengindahkan. Sanksi yang mungkin diterima Didi dengan perilakunya tersebut adalah ....

A. Didi dijauhi teman-temannya
B. Didi diberi hukuman secara adat
C. Orang tua Didi tak menyayanginya lagi
D. Didi bisa dijerat dengan hukum pidana

30. Dalam Kongres Pemuda II pertama kalinya diperdengarkan lagu Indonesia Raya yang merupakan ciptaan WR Supratman, makna yang terkandung dalam lagu tersebut adalah ....

A. Kecintaan terhadap daerah
B. Kecintaan terhadap kesukuan
C. Kecintaan terhadap tanah air
D. Kecintaan terhadap golongan


31. Perlawanan di berbagai daerah pada masa penjajahan merupakan bukti semangat perjuangan merebut kemerdekaan Indonesia. Perjuangan setelah kemerdekaan dapat dilakukan dengan cara ....

A Mengembangkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis
B Menumbuhkan semangat kedaerahan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
C Mengembangkan semangat etnosentrisme dalam masyarakat
D Menghilangkan perbedaan dalam masyarakat Indonesia

32. Kemajemukan masyarakat Indonesia merupakan potensi yang memperkaya budaya nasional, tetapi juga dapat mengancam kesatuan dan persatuan bangsa karena….

A. Jumlah penduduik yang banyak
B. Luasnya wilayah negara Indonesia
C. Perbedaan etnis tidak membedakan kedudukan warga negara
D. Masyarakat majemuk terdiri atas berbagai kelompok budaya

33. Di lingkungan perkotaan sering kita jumpai masyarakat ekonomi menengah ke atas memilih tinggal di apartemen. Selain karena fasilitas, kenyamanan dan keamanan, masalah prestise juga menjadi salah satu alasan. Meskipun kadang sesama penghuni apartemen tersebut tidak saling mengenal tampaknya hal tersebut tidak menjadi masalah. Masalah keamanan dan kebersihan telah diurus oleh petugas sehingga kegiatan seperti gotong royong sudah tak diperlukan lagi.

Berdasarkan ilustrasi di atas lunturnya nilai persatuan disebabkan oleh ....

A. Sikap hidup materialistis yang diwujudkan melalui sikap hidup yang mendambakan materi/ingin menguasai dan memiliki harta benda
B. Sikap hidup hedonis dan gaya hidup konsumtif yang mulai banyak dipraktekkan sebagian masyarakat Indonesia saat ini
C. Kesibukan kerja dan aktivitas diluar rumah menyita waktu dan tenaga sehingga tidak sempat lagi untuk bergotong royong
D. Sikap hidup individualistis yang merupakan ciri masyarakat liberal mulai memengaruhi cara hidup masyarakat Indonesia

34. Keragaman budaya yang kita miliki dapat berfungsi sebagai perekat persatuan dan kesatuan, antara lain dilakukan dengan cara ....

A Mempertahankan identitas budaya asal daerahnya dalam berkomunikasi dengan orang lain
B Mengembangkan kebudayaan yang dianggap mampu dijadikan sebagai identitas bangsa
C Menanamkan rasa ikut memiliki seluruh budaya sebagai kesatuan dari budaya nasional
D Membangun kebudayaan nasional yang berasal dari beberapa budaya suku bangsa yang ada

35. Pernyataan yang mencerminkan nilai-nilai semangat Sumpah Pemuda bagi pelajar adalah ....

A Mematuhi perintah orang tua
B Mengikuti pemilihan ketua OSIS
C Membentuk organisasi karang taruna
D Mendaftarkan diri menjadi petugas ronda

36. Indische partije merupakan organisasi pergerakan kebangsaan yang bertujuan .

A. Memajukan kebudayaan Jawa, Madura dan Bali
B. Menyatukan seluruh warga negara Indonesia yang berada di negeri Belanda
C. Mengusahakan kemajuan yang selaras bagi bangsa dan tanah air
D. Menggalang persatuan semua orang Indonesia untuk berjuang demi kemerdekaan RI

37. Setiap warga negara memiliki kewajiban yang sama dalam menjaga persatuan dan kesatuan. Persatuan dan kesatuan di masyarakat dapat diperkuat dengan melakukan berbagai macam cara, salah satunya adalah ....

A. Mengikuti kegiatan siskamling di lingkungan RT setempat
B. Menjaga kebersihan dan keindahan rumah masing-masing
C. Melaksanakan kewajiban agama masing-masing
D. Mengumpulkan barang bekas untuk didaur ulang

38. Sumpah pemuda pada tanggal 28 Oktober Tahun 1928 bukan hanya menggerakan para pemuda untuk meraih kemerdekaan tetapi juga mempertegas jati diri bangsa Indonesia sebagai suatu negara. Hal ini sesuai dengan Pancasila sebagai dasar negara terutama sila ....

A. Ketuhanan Yang Maha Esa
B. Kemanusiaan yang adil dan beradab
C. Persatuan Indonesia
D. Kerakyatan yang di pimpin oleh hikmah kebijaksanaan dalam permusyawaratan perwakilan

39. Perhatikan nilai-nilai berikut !

1. Nasionalisme
2. Menghargai keberagaman
3. Semangat kedaerahan
4. Kebebasan beragama
5. Kedaulatan rakyat

Nilai-nilai dasar komitmen kebangsaan ditunjukan oleh angka ....

A 1, 2, dan 3
B 1, 2, dan 4
C 1, 2, dan 5
D 2, 3, dan 4

40. Baca wacana berikut !




Indonesia merupakan negara yang memiliki penduduk beragam. Sebagian penduduk Indonesia bersuku Sunda, Dayak, Jawa, dan Dani. Walaupun begitu, kondisi negara tetap aman dan damai. Hal ini karena penduduk Indonesia memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Oleh karena itu, Indonesia dijadikan sebagai negara percontohan untuk negara-negara di dunia yang memiliki penduduk beragam


A Kondisi negara yang aman dan damai menyebabkan penduduk memiliki jiwa nasionalisme yang tinggi


B Keseriusan negara untuk menghapuskan suku-suku di Indonesia berakibat terjadinya persatuan dan kesatuan


C Sebagai negara majemuk Indonesia dijadikan sebagai negara percontohan bagi negara lain


D Kondisi negara yang aman dan damai tercipta karena kemajemukan penduduk Indonesia


B. URAIAN
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan singkat dan jelas ! 

41. Dalam sidang BPUPKI pertama pada tanggal 29 Mei 1945, Mr.M. Yamin menda-patkan kesempatan pertama untuk menyampaikan usulan rumusan dasar negara , tuliskan rumusan dasar negara menurut Mr.M. Yamin secara lisan. 

42. Semangat dan komitmen kebangsaan dalam merumuskan Pancasila salah satunya dapat diwujudkan dengan mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari, tulislah 3 contoh pengamalan nilai Pancasila terutama sila ke 3 di lingkungan sekolah. 

43. Norma bertujuan untuk memelihara dan menjamin kepentingan dan ketentraman dalam masyarakat, dalam pergaulan hidup terdapat norma agama, kesusilaan, kesopanan, dan hukum dalam pelaksanaannya norma tersebut memiliki sumber yang berbeda jelaskan sumber – sumber norma tersebut ! 

44. Mahkamah Agung merupakan pemegang kekuasaan kehakiman yang bebas dari pengaruhcabang-cabang kekuasaan lainnya.
Sebutkan 3 (tiga) kewenangan Mahkamah Agung 

45. Pada Kongres Pemuda yang II tanggal 28 Oktober 1928 di Jakarta dihadiri oleh beberapa organisasi kepemudaan, tulislah 5 organisasi kepemudaan yang menghadiri Kongres Pemuda tersebut!

Nah, itu saja yang bisa kumpulan ilmu pengetahuan sampaikan mengenai Contoh Soal | Soal PAS PKN Kelas IX Tahun Pelajaran 2018-2019, semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal | Soal PAS PKN Kelas IX Tahun Pelajaran 2018-2019"