Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian, Sifat & Ciri-Ciri Sajak - Kumpulan Ilmu Pengetahuan

Pengertian, Sifat & Ciri-Ciri Sajak ~ Hallo sahabat Kumpulan Ilmu Pengetahuan, semoga ada dalam lindungan Allah SWT. Sahabat kali ini admin akan berbagi pengetahuan mengenai apa itu Pengetian Sajak, Sifat-Sifat Sajak, Ciri-Ciri Sajak dan Contoh-Contoh Sajak. Untuk lebih jelasnya silahkan sahabat membacanya sampai habis ya.


Berikut merupakan Salah Satu Pengertian Sajak
Sajak merupakan salah satu bentuk karya sastra yang penyajiannya dibuat dengan baris-baris yang teratur dan terikat. Sajak ini sangat mementingkan keselarasan bunyi bahasa, baik itu kesamaan bunyi maupun kekontrasan.

Ada yang mengatakan bahwa sajak merupakan suatu persamaan bunyi, persamaan ini terdapat pada kalimat atau perkataan yang berada di awal, di tengah ataupun di akhir kalimat atau perkataan.

Meskipun sajak bukan merupakan syarat khusus untuk sebuah puisi lama, namun pengaruh dari sajak sangat mengikat pada suatu bentuk dan pemilihan kata di dalam puisi tersebut.

Dalam pendapat yang lainnya, sajak bisa juga diartikan sebagai salah satu puisi yang tidak terikat pada setiap kata-katanya, jadi dalam penulisannya bisa dilakukan dengan bebas. Oleh karenanya, mungkin Sahabat sering mendengar istilah sajak bebas.

Berikut ini Merupakan Salah Satu Sifat – Sifat Sajak
  1. Tidak memiliki pengucapan bunyi yang tetap: Sajak tidak seharusnya mengemukakan pertentangan bunyi atau rima akhir di ujung tiap-tiap barisnya.
  2. Memiliki bait, namun jumlah baris pada tiap baitnya tidak tetap.
  3. Mempunyai baris-baris yang membentuk bait.
  4. Mempunyai keharmonian atau penyesuaian yang baik antara isi dengan tata bahasa.
Berikut ini Merupakan Salah Satu Ciri – Ciri Sajak
  1. Memiliki bentuk tertentu, berurutan di dalam baris yang sejajar, memiliki pola (untuk puisi tradisional), atau memiliki bentuk bebas.
  2. Ungkapan kata dan bahasa pada sajak dipengaruhi oleh unsur lagu, irama, dan keharmonisan bunyi.
  3. Baris pada sajak disusun membentuk pola atau ikatan tertentu (untuk puisi tradisional) dan tanpa pola ikatan tertentu.
Contoh Sajak Bahasa Sunda  silahkan lihat disini
Semoga informasi yang admin sampaikan pada kesempatan kali ini ada manfaatnya.Mohon maaf apabila dalam informasi ini banyak kekeliruan, dengan itu admin mohon kritik dan sarannya dari sahabat semua, supaya artikel ini bisa admin perbaiki kembali dan supaya artikel selanjutnya bisa lebih baik lagi Amin.

Catatan : 
1. Bagi sahabat semua yang suka menulis boleh ko, karya tulisnya di share di laman ini dan bisa mengirim filenya lewat email : rosmiatiiis1990@gmail.com
2.Hubungi Nomor WhatsApp : 08977583808, dan
3. Tulis Saja Artikelnya di Kolom Komentar

Terima Kasih..
Salam Berbagi Ilmu Pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Pengertian, Sifat & Ciri-Ciri Sajak - Kumpulan Ilmu Pengetahuan"