Mengapa Informatika Perlu Dipelajari di Tingkat SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat ?
Bagian ini ditulis berdasarkan masukan dari tim kurikulum Informatika, dan akan sama untuk semua buku Informatika SMP (kelas 7,8,9) dan SMA Kelas 10 yang diterbitkan sejalan dengan baru dirilisnya kurikulum Informatika sebagai mata pelajaran wajib mulai SMP kelas 7 s.d. SMA kelas 10.
Bagian ini perlu untuk dipahami oleh guru dan disampaikan oleh guru kepada siswa dalam bahasa yang sesuai bagi siswa. Apa yang disampaikan guru kepada siswa tersebut akan menjadi apersepsi siswa
dalam menyikapi pentingnya Informatika dalam kehidupan sehari-hari, menjadi bekal kelanjutan berkarya bagi siswa kelak, serta menumbuhkan kesadaran sebagai pembelajar sepanjang hayat.
Dewasa ini, pemanfaatan TIK sebagai alat pembelajaran dalam dunia pendidikan tidaklah cukup, karena saat ini dunia global telah memasuki era revolusi industri generasi keempat atau Revolusi Industri 4.0 (Industrial Revolution 4.0/IR 4.0) yang tidak dapat dihindari oleh bangsa Indonesia. IR 4.0 menghadirkan sistem cyber-physical, dimana industri bahkan kehidupan sehari-hari mulai bersentuhan dengan dunia virtual yang berbentuk komunikasi manusia dengan mesin yang ditandai dengan kemunculan komputer super, mobil otonom, robot pintar, pemanfaatan Internet of Things (IoT), sampai dengan rekayasa genetika, dan perkembangan neurotechnology. Era ini menghadirkan teknologi disruptif yang menggantikan peran manusia.Manusia dalam bermasyarakat sudah memasuki era Society 5.0 dimana masyarakat hidup di alam nyata dan sekaligus di alam digital.
Dalam Masyarakat 5.0 yang berbasis pengetahuan, peran informasi sangat penting. Informatika sebagai ilmu formal yang mengolah informasi simbolik dengan mesin terprogram, merupakan ilmu penting yang perlu diajarkan untuk memberi bekal kemampuan pemecahan masalah (problem solving) dalam dunia yang berkembang dengan cepat.
Untuk mengikuti perkembangan tersebut di atas, sistem pendidikan Indonesia perlu memasukkan Informatika sebagai dasar-dasar pengetahuan dan kompetensi yang dapat membentuk manusia Indonesia menjadi insan yang cerdas dan punya daya saing di kawasan regional maupun global.
Setelah melalui perkembangan lebih dari 20 tahun, Informatika telah menjadi salah satu disiplin ilmu tersendiri karena membawa seseorang ke suatu cara berpikir yang unik dan berbeda dari bidang ilmu lainnya (computational thinking), sudah tahan lama (ide dan konsepnya sudah berusia 20 tahun atau lebih, dan masih terpakai sampai sekarang), dan setiap prinsip inti dapat diajarkan tanpa bergantung kepada teknologi tertentu.
Semula, Informatika hanya diajarkan di tingkat Perguruan Tinggi. Sekarang, di berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia, Informatika secara bertahap mulai diajarkan di jenjang pendidikan usia dini, dasar dan menengah.
Nah itu saja yang bisa admin sampaikan pada kesempatan kali ini mengenai mengapa Informatika perlu dipelajari oleh pada peserta didik baik di tingkat SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat. Mudah-mudahan informasi ini ada manfaatnya.
Posting Komentar untuk "Mengapa Informatika Perlu Dipelajari di Tingkat SMP/MTs sederajat dan SMA/SMK/MA sederajat ? "
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Semoga Informasi Yang Admin Sampaikan Ada Manfaatnya. Tak Lupa Apabila Ada Kesalahan Dalam Penulisan Informasi Yang Admin Sampaikan Ditunggu Kritik & Sarannya Di Kolom Komentar..............
Posting Komentar