Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menakjubkan !!! 18 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan - Kumpulan Ilmu Pengetahuan

Beberapa Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan

Kumpulan Ilmu Pengetahuan. Buah rambutan dikenal dengan bentuknya yang kecil dengan warna merah dan terdapat banyak bulu pada kulit buahnya. Perlu Anda ketahui bahwa buah ini juga ada yang berwarna kuning. Rambutan menjadi buah kesukaan banyak orang karena rasanya yang manis dan asam bercampur menjadi satu. Buah ini juga mudah ditemui dalam musim-musim tertentu. Selain enak, ternyata buah rambutan sangatlah bergizi untuk dikonsumsi.


Buah tropis ini memiliki banyak kandungan gizi, yaitu karbohidrat, protein, serat, vitamin A, vitamin C, kalsium, zat besi, niacin, potassium, magnesium, dan juga zink. Buah ini memang kecil ukurannya namun manfaatnya bisa kita rasakan langsung jika dikonsumsi dengan teratur. Anda bisa langsung memakannya atau diolah menjadi makanan lainnya. Agar lebih yakin, mari kita simak beberapa khasiat dan manfaat rambutan di bawah ini bersama-sama.


Agar tidak salah dalam memahami manfaat dan khasiat rambutan, kami berikan rincian penjelasan tentang beberapa kegunaan buah ini untuk kesehatan Anda. Berikut ini informasinya.

1. Membuat mata lebih sehat

Khasiat rambutan untuk mata sudah sangat teruji. Hal ini karena kandungan vitamin A yang tinggi dari buah ini bisa membantu membuat mata Anda lebih sehat dan juga lebih tajam dalam melihat. Organ mata Anda pun akan lebih berfungsi dengan optimal.


2. Mengatasi anemia

Manfaat rambutan yang selanjutnya yaitu mengatasi anemia. Anemia adalah keadaan dimana tubuh kekurangan sel darah merah. Rambutan punya kandungan zat besi yang bisa membantu proses produksi sel darah merah, sehingga penyakit anemia bisa dihindari.


3. Obat sariawan

Khasiat rambutan yang ketiga yaitu sebagai obat sariawan. Buah ini punya banyak kandungan vitamin C yang bisa menyembuhkan sariawan Anda. Selain itu, vitamin C juga berguna untuk menyehatkan rongga mulut Anda, termasuk gusi dan gigi.


4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Kegunaan lain dari vitamin C pada buah rambutan adalah untuk menjaga tubuh agar tetap kuat dari serangan berbagai penyakit. Hal ini berhubungan langsung dengan daya tahan tubuh. Tubuh yang kuat akan membuat Anda bebas dari penyakit seperti demam, flu, dan juga batuk.


5. Obat hipertensi

Khasiat rambutan untuk hipertensi juga sangat bermanfaat untuk mengontrol tekanan darah Anda dengan lebih baik. Hipertensi muncul akibat dari tekanan darah yang tinggi. Rambutan akan membantu Anda menurunkan tekanan darah Anda agar kembali seimbang.


6. Mengatasi diare

Diare bisa sangat berbahaya, bahkan menyebabkan kematian. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menyerang saluran pencernaan. Untuk mengatasinya, banyak-banyaklah mengonsumsi rambutan yang punya sifat anti bakteri, sehingga dapat melindungi sistem pencernaan Anda.


7. Menyembuhkan kolesterol

Kolesterol jahat dalam tubuh akan dibuang oleh rambutan. Hal ini karena senyawa dan kandungan yang ada pada buah ini akan membantu Anda mengusir kolesterol yang berlebih, sehingga beberapa penyakit akibat kolesterol bisa diatasi.


8. Mengatasi radang

Radang tenggorokan dan juga radang paru-paru bisa diatasi dengan buah rambutan. Rambutan sudah teruji secara klinis mampu mengatasi berbagai macam peradangan yang menyerang tubuh manusia.


9. Membantu program diet

Buah merupakan salah satu menu wajib dalam diet, termasuk rambutan. Agar diet Anda berhasil dan lancar, masukanlah buah ini ke dalam menu diet sehat Anda. Jangan lupa juga untuk tetap berolahraga dengan rutin setiap harinya.


10. Mencegah kanker

Sel yang rusak akan memicu timbulnya kanker. Mulailah memperbaiki sel dalam tubuh Anda dengan mengonsumsi buah rambutan. Buah ini berguna untuk menjaga kesehatan sel tubuh dan membuang sel yang rusak.

Selain 10 manfaat dan khasiat buah rambutan untuk kesehatan, ada lagi 8 manfaat lainnya dari buah ini yang perlu Anda ketahui. Berikut ini manfaat lainnya:


8 Manfaat dan Khasiat Buah Rambutan Lainnya:
  1. Menyehatkan ginjal
  2. Menyehatkan ibu hamil
  3. Melancarkan pencernaan
  4. Obat pusing
  5. Anti oksidan
  6. Menghaluskan kulit
  7. Menyehatkan kulit
  8. Melembabkan kulit
Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :
Itulah beberapa manfaat dan khasiat buah rambutan untuk kesehatan yang perlu Anda ketahui. Semoga bermanfaat untuk menambah pengetahuan Anda dalam menjaga kesehatan dengan mengkonsumsi buah yang sehat pula. Pola hidup yang sehat akan lebih menguntungkan Anda nantinya di masa depan, karena kesehatan jaman sekarang merupakan hal yang mahal. Selamat mencoba.

Sumber : khasiat.co.id

Posting Komentar untuk "Menakjubkan !!! 18 Manfaat Buah Rambutan Bagi Kesehatan - Kumpulan Ilmu Pengetahuan"