Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Contoh Surat Keterangan, Surat Pernyataan, Surat Perjanjian, Surat Lamaran Pekerjaan Sederhana dan Terbaru

Kumpulan Ilmu Pengetahuan ~ Apa itu Surat Keterangan? Bagaimana Cara Membuat surat keterangan ini? Seperti apa contohnya yang baik, sederhana dan benar? Tidak semua orang tahu mengenai surat keterangan apalagi cara membuatnya.



Mohon diingat bahwa admin disini bukan ingin menggurui rekan semua, namun hanya ingin sharing informasi, barangkali informasinya bisa bermanfaat untuk yang lainnya.

Surat keterangan bisa diartikan sebagai  sebuah surat yang disusun dalam rangka untuk membuat sebuah keterangan terkait mengenai kesanggupan untuk dapat melakukan suatu kegiatan atau acara baik itu kedinasan ataupun pribadi. Surat keterangan juga dapat digunakan untuk menerangkan bahwa suatu kelompok, organisasi, instansi atau orang tersebut pernah melakukan suatu kegiatan atau sebaliknya.

Biasanya surat keterangan dan pernyataan dilengkapi juga dengan materai enam ribu atau bisa juga sekedar tanda tangan biasa. Untuk sebuah surat yang bersifat resmi dan penting, pada umumnya menyertakan atau menggunakan materai enam ribu rupiah didalamnya. Bahkan untuk surat keterangan juga bisa dibuat sendiri untuk memberikan sebuah keterangan suatu kesanggupan untuk melakukan hal-hal tertentu, atau disusun oleh pihak ketiga (mewakilkan) yang memberi keterangan tentang keadaan si pemberi surat keterangan ini.

Perlu admin sampaikan sebelumnya bahwa pada laman Kumpulan Ilmu Pengetahuan berisi tentang beberapa Contoh sajak, Contoh Puisi, Contoh Peribasa, Babasan Sunda, Contoh Surat Bisnis, Surat Dinas, Surat Izin, Surat Kuasa, Surat Lamaran Pekerjaan, Surat Pemberitahuan, Surat Penawaran, Surat Pengunduran Diri, Surat Peringatan,Surat Hibah, Surat Perjanjian, Surat Pernyataan, Surat Resmi, Surat Undangan, Surat Permohonan, Contoh-contoh soal baik itu untuk jenjang SD,SMP/MTs, SMA/SMK/MA bahkan untuk jenjang Perkuliahan pun ada disini.

Berikut di bawah ini beberapa Contoh Surat Keterangan ataupun yang menyangkut surat menyurat yang mungkin rekan cari
  1. Contoh Surat Permohonan Sebagai Calon Anggota Panwaslu Untuk PNS
  2. Contoh Surat Undangan Kegiatan Terbaru
  3. Contoh Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM) Dari Desa Atau Kelurahan
  4. Contoh Surat Keterangan Aktif Melaksanakan Tugas Untuk PNS/ASN
  5. Contoh Surat Keterangan Aktif Melaksanakan Tugas Untuk PNS/ASN
  6. Contoh Surat Permohonan Perbaikan Kutipan Akta Kelahiran Terbaru
  7. Contoh Surat Undangan Sosialisasi - Contoh Surat Dinas/Resmi
  8. Contoh Surat Keterangan Hibah Tanah Terbaru
  9. Contoh Format Surat Keterangan Pindah/Mutasi Sekolah
  10. Contoh Surat Keterangan Kesalahan Nama Pada Ijazah
  11. Contoh Surat Keterangan Bersedia Menerima Siswa
  12. Contoh Surat Keterangan Pengganti Ijazah Yang Hilang
  13. Contoh Surat Keterangan Benar Siswa
  14. Contoh Surat Keterangan Kesalahan Penulisan NISN
  15. Contoh Surat Keterangan Siswa Berprestasi
  16. Contoh Surat Undangan Kegiatan Terbaru
  17. Contoh Surat Pribadi Terbaru Yang Ditujukan Untuk Sahabat
  18. Contoh Surat Lamaran Pekerjaan
  19. Contoh Surat Izin Atasan Untuk PNS/ASN
  20. Contoh Surat Perjanjian Kerja
  21. Contoh Surat Pernyataan Kinerja
  22. Contoh Surat Permohonan Pensiun Untuk PNS
  23. Contoh Surat Pengunduran Diri Kerja dari Perusahaan
  24. Contoh Surat Sakit Tidak Masuk Sekolah
  25. Contoh Surat Permohonan Izin Ibadah Haji Untuk PNS
  26. Contoh Surat Penawaran Sederhana
  27. Contoh Surat Permohonan Izin Dispensasi
  28. Contoh Surat Keterangan Melaksanakan Penelitian 
Di zaman yang modern seperti saat ini penggunaan surat keterangan memang bisa di bilang sudah semakin minim, terlebih untuk urusan pribadi. Namun untuk beberapa urusan komunikasi perusahaan maupun berbagai lembaga maupun instansi pemerintah, penggunaan surat masih merupakan sesuatu hal yang wajib untuk dijalankan
.
Surat Keterangan dan surat pernyataan seringkali juga dipergunakan untuk menyatakan sesuatu hal kepada orang lain dalam bentuk resmi. Isi dari surat pernyataan juga tidak boleh sembarangan diisi, namun harus sesuai dengan kenyataan mengenai pembuat surat pernyataan tersebut. Karena jika tidak, maka bisa saja akan menimbulkan masalah di kemudian hari.

Sekarang ini tentu susah untuk menemukan orang dengan kredibilitas tinggi dan benar – benar sesuai dengan pernyataan. Jika hanya dalam bentuk lisan saja, maka tentu tidak akan bisa dipegang dan tidak bisa dijadikan bukti untuk meminta pertanggung jawabkan. Maka dari itulah, akhirnya dibuat surat pernyataan, sebagai alat bukti yang sah dan bisa dipertanggungjawabkan dimata hukum.

Demikianlah yang bisa admin sampaikan pada kesempatan ini, semoga informasi mengenai Kumpulan Contoh Surat ini ada manfaatnya untuk rekan semua dan bisa dijadikan referensi.

Mohon maaf apabila dalam informasinya masih jauh dari kata sempurna, dengan itu admin mengharapkan kritik dan sarannya dari rekan semua.
Salam Berbagi Ilmu Pengetahuan.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Contoh Surat Keterangan, Surat Pernyataan, Surat Perjanjian, Surat Lamaran Pekerjaan Sederhana dan Terbaru"