Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menakjubkan !!! Inilah Sejuta Khasiat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan - Kumpulan Ilmu Pengetahuan

Kumpulan Ilmu Pengetahuan ~ Kali ini saya akan mencoba sedikit mengenai sejuta khasiat dari jambu biji bagi kesehatan, baik itu yang terkandung dari buahnya,akarnya, kulitnya ataupun batangnya dari jambu biji.


Jambu biji (Psidium Guajava), dikenal juga dengan sebutan  jambu batu, jambu siki,dan jambu klutuk. Namun setiap daerah memiliki nama lain seperti jambu klutuk, bayawas, tetokal, tokal (Jawa), jambu klutuk, jambu batu (Sunda) dan jambu bender (Madura).

Berikut ini adalah khasiat yang terkandung dari jambu buji bagi kesehatan tubuh kita, adalah sebagai berikut :
  1. Maag
  2. Diabetes Mellitus atau Kencing manis
  3. Sakit Perut (diare dan mencret)
  4. Masuk Angin
  5. Plolapsisani
  6. Sakit Perut atau Diare pada anak yang masih menyusui
  7. Sariawan
  8. Sakit Kulit
  9. Beser (sering kencing) berlebihan
  10. Obat Luka baru
  11. Demam berdarah
Sebenarnya tanaman ini berasal dari daerah tropis yaitu Brazil. Disebarkan ke Indonesia melalui Thailand. Hingga saat ini telah di budidayakan dan menyebar luas di daerah-daerah jawa.

Jambu biji termasuk tanaman perdu dan memiliki banyak cabang dan ranting, serta batang pohonnya keras. Permukaan kulit luar pohon ini berwarna cokelat dan licin. Apabila kulit kayu jambu biji tersebut dikelupas, akan terlihat permukaan batang kayu basah. Bentuk daunnya bulat telur dengan ukuran yang agak besar. Bunga akan muncul dari balik ketiak daun dan berwarna putih. Jambu biji memiliki buah yang berrwarna hijau dengan daging buah yang berwarna putih dan berasa asam manis.

Tanaman ini akan berbuah jika sudah berumur 2 - 3 tahun. bijinya banyak dan terdapat pada daging buahnya. Buah jambu biji memiliki kandungan vitamin A dan C yang cukup tinggi, denga n kadar gula 8 % baik dimakan sebagai buah segar maupun telah diolah.

Tanaman ini dapat tumbuh subur di daerah dataran rendah sampai pada ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Mungkin dicukupkan sekian saja pembahasan dari saya mengenai khasiat dari jambu biji bagi kesehatan. Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat bagi pemirsa semua.

Posting Komentar untuk "Menakjubkan !!! Inilah Sejuta Khasiat Buah Jambu Biji Bagi Kesehatan - Kumpulan Ilmu Pengetahuan"