Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Nutrisi Bagi Penyakit Menopause - Kumpulan Ilmu Pengetahuan


Manfaat Nutrisi Bagi Penyakit Menopause

Kumpulan Ilmu Pengetahuan. Menjelang menopause, setiap wanita harus lebih memperhatikan kesehatannya. Pola makan yang tepat dan sehat dapat mengurangi, bahkan mencegah gejala menopause. Dan makin awal anda melakukan perubahan pola makan ini, makin mudah menopause yang nanti anda jalani.


Beberapa gejala menopause yang mengganggu antara lain hot flashes dan kulit kering. Perubahan lain yang terkait dengan menopause juga dapat menyebabkan masalah kesehatan jangka panjang, mulai dari keropos tulang hingga kolesterol tinggi.

Dengan demikian, masa berakhirnya menstruasi pada wanita. Umunya menopause terjadi pada usia 43 s.d. 57 tahun. Tak hanya berhenti haid, menopause juga menyebabkan hot flushes, vagina kering, gangguan mood, rasa tidak nyaman dan keluhan lainnya.

Untuk meminimalkan gejala menopause, pilihlah asupan nutrisi yang tepat untuk tubuh anda. Dilansir dari berbagai sumber, simak daftar nutrisi tersebut di bawah ini :

1. Sayur dann Buah

Makanlah setidaknya satu setengah porsi buah dan 2 cangkir sayuran setiap hari. Anda tentu sudah tahu bahwa kandungan dalam sayur dan buah memiliki manfaat yang sangat besar untuk tubuh.

2. Air Putih

Sudah menjadi standar umum untuk minum delapan gelas air setiap hari. Upaya tersebut bertujuan untuk memenuhi kebutuhan harian bagi orang dewasa, termasuk wanita menopause.

3. Serat

Berikan tubuh anda asupan kaya serat seperti roti gandum, serealia, pasta, nasi merah, buah-buahan segardan sayuran. Sebagian besar wanita dewasa membutuhkan sekitar 21 gram serat perhari.

4. Zat Besi

Zat besi sering kita temukan dalam daging merah tanpa lemak, unggas, ikan , telur, sayuran hijau, kacang dan produk biji-bijian. Anjuran zat besi untuk wanita menopause adalah sebanyak 8 miligram perhari.

5. Kalsium

Kalsium sering kita temukan dalam produk susu, ikan sarden, brokolin dan kacang polong. Asupan kalsium perhari yang dianjurkan adalah sebanyak 1.200 mg.

Menjelang menopause, anda juga disarankan untuk menghindari asupanmakanan pedas, kafein, dan alkohol. Hindari atau minimalkan kandungan-kandungan tersebut.

Lakukan olahraga secara rutinagar selalu bugar dan tidak mengalami kelebihan berat badan. Anda dapat melakukan aerobik dan latihan ketahanan dan barengi aktivitas fisik tersebut dengan diet sehat.

Anda memang tidak dapat mencegah menopause. Namun, anda dapat menerapkan langkah-langkah sehat atas agar dapat menkmati kehidupan yang aktif dan sehat pada masa menopause dan pasca menopause.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat, informasi ini saya kutip dari lamanya klikdokter dari aplikasi baca yang berjudul menjelang menopause, penuhi nutrisi ini.yang terbit pada tanggal 04 bulan mei 2018..

1 komentar untuk "Manfaat Nutrisi Bagi Penyakit Menopause - Kumpulan Ilmu Pengetahuan"

Ranyrxny 26 Oktober 2021 pukul 16.01 Hapus Komentar
KISAH CERITA AYAH SAYA SEMBUH BERKAT BANTUAN ABAH HJ MALIK IBRAHIM

Assalamualaikum saya atas nama Rini anak dari bapak Bambang saya ingin berbagi cerita masalah penyakit yang di derita ayah saya, ayah saya sudah 5 tahun menderita penyakit aneh yang tidak masuk akal, bahkan ayah saya tidak aktif kerja selama 5 tahun gara gara penyakit yang di deritanya, singkat cerita suatu hari waktu itu saya bermain di rmh temen saya dan kebetulan saya ada waktu itu di saat proses pengobatan ibu temen saya lewat HP , percaya nda percaya subahana lah di hari itu juga mama temen saya langsung berjalan yang dulu'nya cuma duduk di kursi rodah selama 3 tahun,singkat cerita semua orang yang waktu itu menyaksikan pengobatan bapak kyai hj Malik lewat ponsel, betul betul kaget karena mama temen saya langsung berjalan setelah di sampaikan kepada hj Malik untuk berjalan,subahanallah, dan saya juga memberanikan diri meminta no hp bapak kyai hj malik, dan sesampainya saya di rmh saya juga memberanikan diri untuk menghubungi kyai hj Malik dan menyampaikan penyakit yang di derita ayah saya, dan setelah saya melakukan apa yang di perintahkan sama BPK kyai hj Malik, 1 jam kemudian Alhamdulillah bapak saya juga langsung sembuh dari penyakitnya lewat doa bapak kyai hj Malik kepada Allah subahanallah wataala ,Alhamdulillah berkat bantuan bpk ustad kyai hj Malik sekarang ayah saya sudah sembuh dari penyakit yang di deritanya selama 5 tahun, bagi saudara/i yang mau di bantu penyembuhan masalah penyakit gaib non gaib anda bisa konsultasi langsung kepada bapak kyai hj Malik no hp WA beliau 0823-5240-6469 semoga lewat bantuan beliau anda bisa terbebas dari penyakit anda. Terima kasih