Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa Supaya Tetap Fit - Kumpulan Ilmu Pengetahuan

Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa Supaya Tetap Fit. Selamat datang lagi di lamannya Kumpulan Ilmu Pengetahuan, kali ini saya akan membahas dengan tema kesehatan yang mana dalam pembahasan ini saya akan menyampaikan tentang tips memilih makanan saat berpuasa supaya fit.

Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa Supaya Tetap


Perubahan pola makan pada bulan puasa dari tiga kali sehari menjadi dua kali sehari saat sahur dan berbuka seringkali menimbulkan anggapan bahwa makan lebih sedikit dari biasanya.

Akibatnya, kita cenderung menyantap porsi makanan berlebihan ketika berbuka puasa. Padahal, kebutuhan kalori hariantubuh saat berpuasa tetap sama dengan kebutuhan kalori saat tiidak berpuasa. Rata-rata kebutuhan kalori orang dewasa berkisar antara 1.500 s.d. 2.500 kkal setiap harinya.

Kebutuhan tentu disesuaikan dengan aktivitas dan berat badan seseorang. Agar tubuh fit dan tetap produktif selama berpuasa, tidak dianjurkan untuk mengurangi atau menambah asupa kalori. Kita justru harus memperhatikan asupan nutrisi agar terhindar dari permasalahan kesehatan. Ungkap dr. Jovita Amelia, Pada acara#PuasaSehat bareng Halodoc " di Senopati, Jakarta Selatan, Jumat, 4 Mei 2018.

Dokter Jovita memberikan 5 tips memilih makanan dan minuman yang dapat menunjang produktivitas saat berpuasa yaitu sebagai berikut:

1. Hindarilah konsumsi kafein, makanan dan minuman manis secara berlebihan.
2. Sebagai pemenuhan energi, pilih makanan karbohidrat kompleks dan makanan berbahan gandum, buah-buahan seperti pisang dan umbi-umbian.
3. Untuk menghindari begah, atau kurangi konsumsi gorengan dan santan berlebihan saat berbuka puasa.
4. Untuk mencegah konstipasi, penuhi kebutuhan serat harian dengan mengkonsumsi sayur-sayuran
5. Untuk menghindari dehidrasi saat berbuka puasa penuhi kebutuhan cairan minuman delapan gelas saat sahur dan berbuka puasa, dan dua gelas sesudah makan juga dua gelas sebelum tidur.

Baca Juga Artikel Terkait Lainnya :

Mungkin dicukupkan sekian saja dari saya penjelasan tentang beberapa tips supaya tetap fit saat berpuasa di bulan Ramadhan.Informasi ini saya kutip dari lamannya bisnis.com yang tayang pada 4 Mei 2018 di Baca denagan judul 5 tip memilih makanan agar fit saat puasa. Semoga informasi yang saya sampaikan bisa bermanfaat..

Posting Komentar untuk "Tips Memilih Makanan Saat Berpuasa Supaya Tetap Fit - Kumpulan Ilmu Pengetahuan"