Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Soal Post Test Tahun 2020 Untuk Guru Sasaran

Pada Contoh soal tersebut di bagi menjadi beberapa materi yaitu :
  1. Contoh Soal Materi Analisis KD terdapat 10 Soal Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban
  2. Contoh Soal Materi Penilaian Pembelajaran terdapat 10 Soal Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban
  3. Contoh Soal Materi Model Pembelajaran terdapat 10 Soal Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban
  4. Contoh Soal Lainnya  terdapat 22 Soal Pilihan Ganda Beserta Kunci Jawaban
Catatan : Jawaban Pada Soal ini yang ditebalkan hurufnya

MATERI ANALISIS KD
01. Salah satu target kompetensi dasar “Menguraikan kosakata dan konsep tentang keragaman benda berdasarkan bentuk dan wujudnya dalam bahasa Indonesia atau bahasa daerah melalui teks tulis, lisan, visual atau eksplorasi lingkungan” adalah …
a. Menganalisis kosa kata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui visual.
b. Menjelaskan kosa kata tentang keragaman benda dalam Bahasa Indonesia melalui teks lisan
c. Mengidentifikasi kosakata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui teks tulis
d. Menyimpulkan kosa kata tentang keragaman benda dalam bahasa Indonesia melalui eksplorasi lingkungan

02. Yang tidak tepat sebagai target kompetensi dasar “Menjelaskan himpunan, himpunan bagian, himpunan semu, himpunan kosong, komplemen himpunan dan melakukan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah kontekstual adalah …
a. Menjelaskan himpunan bagian
b. Menjelaskan himpunan semesta
c. Menjelaskan himpunan kosong
d. Menjelaskan operasi biner pada himpunan menggunakan masalah konyekstual

03. Salah satu indicator kunci pencapaian kompetensi dasar “Mendeskripsikan dan menyatakan relasi dan fungsi dengan menggunakan berbagai representasi ( kata-kata, table, grafik , diagram dan persamaan )” adalah …
a. Menyimpulkan pengertian relasi
b. Menyimpulkan pengertian fungsi
c. Menentukan nilai fungsi
d. Menentukan jenis fungsi

04. Salah satu indicator penunjang pencapaian kompetensi dasar “Menganalisis fungsi linear ( sebagai persamaan garis lurus ) dan menginterpretasikan grafiknya yang dihubungkan dengan masalah kontekstual adalah …
a. Menganalisis fungsi linear ( sebagai persamaan garis lurus ) untuk dapat menentukan gradien suatu persamaan garis lurus jikadiketahui dua titik yang dilaluinya dari permasalahan kontekstual
b. Menggambar grafik persamaan garis lurus sebagai fungsi linear
c. Menganalisis fungsi linear ( sebagai persamaan garis lurus ) untuk dapat menentukan persamaan garis lurus jika diketahui gradient dan suatu titik pada garis tersebut
d. Menginetrpretasikan grafik fungsi linear ( sebagai persamaan garis lurus ) dari permasalahan kontekstual untuk menemukan penyelesainnya

05. Salah satu undikator pendukung pencapaian kompetensi dasar “Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat dan pecahan” adalah …
a. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi pembagian bilangan bulat
b. Mengidentifikasi sifat-sifat operasi penjumlahan bilangan pecahan
c. Mengemukakan gagasan terkait masalah yang berkaitan dengan operasi hitung pecahan
d. Menyusun langkah-langkah dalam menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan operasi hitung bilangan bulat

06. Terdapat KD Menerapkan konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggunakan satuan standar ( baku ).  Dalam kehidupan sehari-hari banyak cara untuk mengukur panjang suatu benda seperti menggunakan ukuran langkah, depa dan meter. Di antara pilihan berikut yang merupakan indicator pencapaian kompetensi berpikir tingkat tinggi adalah …
a. Menganalisis kesalahan yang mungkin terjadi dari hasil pengukuran panjang
b. Menjelaskan perbedaan ketepatan mengukur panjang suatu benda
c. Menjelaskan pentingnya menggunakan alat ukur standar dalam pengukuran
d. Menjabarkan cara menggunakan penggaris untuk mengukur panjang benda

07. Berikut ini merupakan fungsi indicator pencapaian kompetensi ( IPK ) dalam system pembelajaran kecuali …
a. Pedoman dalam mengembangkan materi pembelajaran
b. Pedoman dalam mendesain kegiatan pembelajaran
c. Pedoman dalam merancang penilaian
d. Pedoman dalam menjabarkan kompetensi dasar

08. Seorang guru Bahasa Indonesia mengajarkan kompetensi dasar “Memerankan isi fable/legenda daerah setempat yang dibaca dan didengar”. Materi yang paling tepat sesuai kompetensi dasar tersebut adalah …
a. Pengetahuan factual
b. Pengetahuan metakognitif
c. Pengetahuan procedural
d. Pengetahuan konseptual

MATERI PENILAIAN PEMBELAJARAN
01. Manakah soal yang paling tepat untuk stimulus berikut !
 


a. Sebutkan 2 contoh alat transportasi air
b. Kapan alat transportasi air tersebut digunakan
c. Jelaskan fungsi alat transportasi air
d. Jelaskan manfaat alat transportasi air


02. Perhatikan contoh soal HOTS di bawah ini !
Beragam permasalahan mendera Teluk Balikpapan, Kalimantan Timur, dari pembalakan kayu illegal, penebangan mangrove, pabrik CPO di muara sungai sampai limbahn pertambangan batu bara, menambah beban berat bagi lingkungan. Keragaman hayati kawasan ini oun terancam.

Berdasarkan kasus di atas, apa yang anda lakukan untuk mengatasi masalah tersebut? Jelaskan !
Manakah Indikator soal yang paling tepat untuk soal di atas !
a. Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menyebutkan komponen-komponen dalam ekosistem
b. Disajikan teks tentang ekosistem, siswa dapat menjelaskan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
c. Disajikan beberapa kasus dalam ekosistem, siswa dapat membandingkan interaksi yang terjadi dalam ekosistem
d. Disajikan permasalahan konstekstual tentang ekosistem, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut dengan menggunakan konsep ekosistem

03. Perhatikan Cuplikan berita di bawah ini !
Di tengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur dimana-mana, ratusan pelajar di kecamatan Tampobulu, Maras, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang di sungai karena tak ada akses jembatan. Di desa Bonto Matinggi, puluhan siswa terpaksa berenang di sungai tiap ke sekolah. Belakangan, wilayah ini pun ramai dikunjungi komunitas relawan peduli pendidikan. Mereka tidak hanya datang mengajar, bahkan mereka menggalang donasi-donasi untuk membantu perlengkapa sekolah dan membnagun ruang belajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kakai hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian.
Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas !
a. Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah
b. Jika anda seorang kepala desa, apa yang anda lakukan
c. Apa yang dilakukan para relawan
d. Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini

04. Seorang guru ingin mengetahui kemampuan siswa dalam mengatur dan mengelola perbedaan pendapat ketika dilakukan diskusi kelompok. Guru tersebut membuat lembar daftar cek ( check list ) dalam bentuk skala yang harus diisikan oleh siswa untuk menilai teman kelomponya. Jenis penilaian otentik-holistik yang dapat dipilih oleh guru tersebut yaitu …
a. Penilaian Kinerja
b. Penilaian Proyek
c. Penilaian Portofolio
d. Pertanyaan terbuka

05. Jika guru memberikan penugasan kepada siswa yang bertujuan untuk mengukur kemampuan dalam menghasilkan karya tertentu dan dilakukan secara berkelompok. Maka jenis penilaian otentik yang tepat adalah …
a. Penilaian Kinerja
b. Penilaian Portopolio
c. Penilaian Proyek
d. Penilaian Jurnal

06. Pada akhir pembelajaran siswa diminta untuk mendemonstrasikan tugas belajar yang diberikan oleh guru dengan tujuan agar siswa tersebut mengaplikasikan kemampuan ketrampilan yang dimilikinya dan guru dapat menilai kompetensinya. Instrumen yang dapat dipilih oleh guru untuk merekam hasil belajar yaitu …
a. Daftar cek ( check list )
b. Benar Salah ( true false )
c. Pilihan Ganda ( multiple choice )
d. Menjodohkan ( matching )

07. Sebagain siswa mengalami kesulitan menjawab soal tes pilihan ganda yang disusun oleh guru, hal tersebut disebabkan materi dalam soal sebagian belum dipelajari oleh siswa. Karena materi tersebut seharusnya diberikan pada pertemuan berikutnya. Hal yang seharusnya dilakukan guru dalam menyusun soal tes pilihan ganda pada aspek materi yaitu …
a. Soal harus sesuai dengan indicator
b. Pokok soal harus dirumuskan secara jelas
c. Pilihan jawaban harus homogeny dan logis
d. Panjang rumusan pilihan jawaban relative sama

08. Untuk mengukur sikap kerja sama siswa dalam kegiatan pembelajaran dengan kompetensi dasar “Menciptakan kembali teks anekdot dengan memperhatikan struktur dan kebahasaan baik lisan maupun tulisan, diperlukan instrument penilaian yang sesuai yaitu pedoman observasi . Salah satu butir indicator penilaian yang dapat digunakan adalah ..
a. Pengertian kerja sama dan jenis-jenis kerja sama
b. Keaktifan dan partisipasi dalam bekerja kelompok
c. Pemahaman terhadap struktur dan aspek kebahasan teks anekdot
d. Keaktifan dalam memahami struktur dan aspek kebahasan teks anekdot

09. Dalam pemeblajaran materi suhu dan kalor, Pak Bendi menggunakan materi pembelajaran inkuiri dengan pendekatan saintifik. Pak Bendi tidak hanya ingin meningkatkan kemampuan siswa memahami materi pelajaran tetapu jiga meningkatkan ketrampilan.  Rumusan pertanyaan/tugas berikut yang paling tepat untuk menilai kerampilan siswa menggunakan thermometer adalah …
a. Ukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan thermometer yang tersedia, kemudia catat hasilnya pada selembar kertas
b. Berapa suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia?
c. Tunjukkan cara mengukur suhu larutan yang disimpan dalam gelas kimia dengan menggunakan thermometer yang telah disediakan
d. Catat suhu larutan dalam gelas kimia

10. Perhatikan Kompetensi Dasar Berikut !
4.9 Menyajikan karya tentang upaya menjaga kesehatan system pernapasan .
Indicator dan instrument penilaian yang paling sesuai dengan  KD tersebut adalah …
OPSI INDIKATOR JENIS PENILAIAN INSTRUMEN
A Membuat poster bahaya rokok Penilaian Produk Rubrik
b Menyajikan pengetahuan bahaya rokok Penilaian Pengetahuan Tes
c Melakukan percobaan bahaya rokok Penilaian Praktik Rubrik
d Menyadari bahaya rokok Penilaian Sikap Angket

11. Diketahui indicator “Menyelesaikan masalah yang terkait relasi antar himpunan”. Soal yang cocok untuk mengukur ketercapaian indicator tersebut adalah …
a. Diketahui A adalah himpunan bilangan asli yang kurang dari 10 himpunan B adalah himpunan bilangan prima yang kurang dari 15. Tentukan A Ո B
b. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putrid an 10 siswa putra. Jika diketahui 20 siswa senang bermain bola volley dan 6 siswa senang berenang, 5 orang siswa senang bermain volley dan renang , Berapa banyaknya siswa yang tidak senang bermain volley maupun renang ?
c. Diketahui A adalah himpunan bilangan riil yang lebih dari 1 dan kurang dari 10. Himpunan B adalah himpunan empat bilangan bilangan prima yang pertama. Tentukan A Ս B
d. Suatu kelas terdiri dari 16 siswa putrid an 10 siswa putra. Jika diketahui 10 siswa senang bermain bola volley dan 15 siswa senang berenang, 5 orang siswa tidak senang bermain volley dan renang, Gambarkan diagram venn yang menggambarkan hubungan himpunan siswa yang senang dan juga tidak senang bermain volley maupun renang.

12. Dari soal-soal di bawah ini, manakah yang merupakan soal yang bermakna untuk mengukur penerapan konsep persegi panjang
a. Mengapa persegi panjang adalah sebuah jajar genjang ?
b. Apakah persegi panjang adalah persegi ?
c. Beri contoh-contoh bangun datar tersebut manakah yang merupakan persegi panjang ?
d. Hitunglah keliling persegi panjang dengan panjang adalah 8 cm dan lebar 5 cm

13. Diketahui barisan ½,1/4,1/8 …
Tentukan suku ke 8 barisan tersebut.
Dari pilihan jawaban tersebut yang merupakan pengecoh yang kurang tepat adalah …
a. 1/246
b. 1/512
c. 1/1024
d. 1/(2+2+2+2+2+2+2+2+2)

14. Diketahui bahwa pada suatu segitiga siku-siku, kuadrat sisi miring sama dengan jumlah kuadrat sisi yang lain dalam segitiga tersebut. Soal yang paling cocok untuk mengukur penguasaan konsep tersebut adalah …
a. Sebutkan 3 builangan yang merupakan triple phytagoras
b. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi 5 cm, 12 cm dan 13 cm. Apakah segitiga tersebut merupakan segitiga siku-siku ?
c. Suatu segitiga ABC mempunyai sisi a=5 cm. b=12 cm, c=13 cm. Apakah c merupakan sisi miring segitiga tersebut?
d. Sebutkan rumus phytagoras



Perhatikan gambar organ pencernaan pada manusia berikut ini !
Partikel makanan yang semula berukuran besar diubah menjadi partikel yang lebih kecil terjadi pada organ yang ditunjukkan nomor …
a. 1 dn 3
b. 1 dan 4
c. 1 dan 6
d. 1 dan 8
  
15. Perhatikan soal di atas, mengapa soal tersebut termasuk soal HOTS ?
a. Menggunakan gambar
b. Banyak kemungkinan jawaban
c. Soal penalaran
d. Soal pemecahan masalah   
                                                                                          
MATERI MODEL PEMBELAJARAN

01. Peserta didik dihadapkan pada sesuatu yang menimbulkan kebingungannya, kemudian dilanjutkan untuk tidak memberi generalisasi, agar timbul keinginan untuk menyelidiki sendiri. Berdasarkan aktifitas tersebut, maka model pembelajaran yang digunakan adalah …
a. Discovery Learning
b. Problem Based Learning
c. Project Based Learning
d. Contektual Learning

02. Mengajukan pertanyaan mendasar apa yang harus dilakukan peserta didik terhadap topic pemecahan masalah. Berdasarkan aktifitas tersebut, maka model pembelajaran yang digunakan adalah …
a. Discovery Learning
b. Problem Based Learning
c. Project Based Learning
d. Contektual Learning

03. Peserta didik diberi kesempatan untuk mengumpulkan berbagai informasi yang relevan, membaca literature, mengamati objek, wawancara dengan nara sumber, melakukan uji coba sendiri dan sebagainya. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pembelajaran discovery learning yaitu pada sintaks ….
a. Stimulation
b. Data collection
c. Data processing
d. Problem statement


04. Peserta didik melakukan penyelidikan ( mencari data/refeerensi/sumber ) untuk bahan diskusi kelompok. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pembelajaran Problem Based Learning yaitu pada sintaks …
a. Orientasi peserta didik pada masalah
b. Mengorganisasikan peserta didik untuk belajar
c. Membimbing penyelidikan individu maupun kelompok
d. Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

05. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Kegiatan tersebut merupakan salah satu kegiatan pembelajaran Project Based Learning yaitu pada sintaks …
a. Mendesain perencanaan produk
b. Menyusun jadwal
c. Memonitor keaktifan dan perkembangan proyek
d. Evaluasi pengalaman belajar

06. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik untuk mencari dan menyelidiki sesuatu secara sistematis dan logis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri temuannya. Model Pembelajaran yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah ….
a. Discovery Learning
b. Problem Based Learning
c. Project Based Learning
d. Inquiri  Learning

07. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan Pak Ali menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organic. Ia merencanakan manila hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual dan keindahan. Teknik  penilaian apa yang tepat dia gunakan ?
a. Tes lisan
b. Penilaian praktek
c. Penilaian produk
d. Portopolio

08. Pak Rudi dan Bu Nani mengajar IPA di SMP Harapan Bangsa yang merupakan sekolah Adiwiyata. Sebagai sekolah yang termasuk kategori berwawasan dan berpeduli lingkungan hidup. Di SMP tersebut terdapat kebun sekolah yang hijau, koleksi tanaman obat, watafel tempat cuci tangan di depan setiap kelas, bak sampah, biopori untuk resapan air serta ada rumah kaca berisi berbagai tanaman. Pak Rudi akan mengajar IPA siswa kelas IX untuk membuat produk daur ulang limbah yang bermanfaat bagi kehidupan. Agar metode Project Based Learning yang Pak Rudi terapkan berhasil dengan baik, maka langkah pertama yang harus dilakukan Pak Rudi adalah ….
a. Menugaskan siswa mengidentifikasi beragam limbah di sekolah
b. Menugaskan siswa memfokuskan pada limbah kertas atau plastic
c. Menetapkan jenis produk daur ulang yang akan dibuat
d. Membuat jadwal alokasi waktu pembuatan produk


09. Pada suatu kegiatan pembelajaran terdapat aktifitas “Siswa melakukan pemeriksaan secara cermat untuk membuktikan benar atau tidaknya hipotesis yang telah ditetapkan pada kasus lain”. Model pembelajaran yang digunakan adalah ….
a. Discovery Learning
b. Problem Based Learning
c. Project Based Learning
d. Inquiri  Learning

10. Pada suatu  kegiatan pembelajaran terdapat aktifitas “Siswa menyampaikan hasil penyelesaian permasalahan dan memberi kesempatan kepada kelompok lain untuk menanggapi dan memberi pendapat terhadap presentasinya. Model pembelajaran yang digunakan adalah …
a. Discovery Learning
b. Problem Based Learning
c. Project based Learning
d. Inquiry Learning

CONTOH SOAL LAINNYA
01. Program peningkatan kualitas lulusan siswa melalui pembinaan guru dalam merencanakan , melaksanakan sampai dengan mengevaluasi pembelajaran yang berorientasi pada ketrampilan berpikir tingkat tinggi merupakan tujuan program …
a. Guru garis depan ( GGD )
b. Pendidikan Profesi Guru ( PPG )
c. Peningkatan Kompetensi Pembelajaran ( PKP )
d. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan ( PKB )

02. Zona PKP bertujuan sebagai berikut kecuali …
a. Mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas dan berkeadilan
b. Meningkatkan efisiensi, efektivitas serta pemerataan mutu pendidikan
c. Memanfaatkan system yang sudah ada dalam peningkatan mutu pendidikan
d. Memudahkan dalam melakukan pemerataan kompetensi, kinerja serta aktivitas guru

03. Pada KD “Menganalisis bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia” materi dan tingkat kognitif pada kompetensi dasar tersebut adalah …
a. Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan – tingkat kognitif K3
b. Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia – tingkat kognitif C4
c. Pembangunan sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia – tingkat kognitif C3
d. Bentuk-bentuk interaksi manusia dengan lingkungan dan pengaruhnya terhadap pembangunan  sosial, budaya dan ekonomi masyarakat Indonesia – tingkat kognitif C3

04. Perhatikan pernyataan di bawah ini !
1. Ketrampilan berpikir tingkat tinggi erat kaitannya dengan ketrampilan berpikir sesuai dengan ranah kognitif, afektif dan psikomoor yang menjadi satu kesatuan proses pembelajaran
2. Ketrampilan menentukan dan mengeksplorasi permasalahan
3. Ketrampilan merencanakan solusi, melaksanakan dan mengevaluasi solusi masalah
4. Enam elemen dasar FRISCO yaitu Focus, Reason. Inference, Situation, Clarity, Permasalahan
5. Dimensi pengetahuan terdiri atas dimensi pengetahuan factual, konseptual, procedural dan metakognitif 
Pernyataan di atas yang merupakan ciri-ciri ketrampilan tingkat tinggi Problem Solving adalah …
a. 1 dan 2
b. 2 dan 3
c. 3 dan 4
d. 4 dan 5
05. Pada KD “Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati. Manakah yang benar 
a. 1. Mengklasifikasikan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
b. 1. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati
2. Mengklasifikasikan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
c. 1. Menjelaskan makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
2. Mengklasifikasikan makhluk hidup karakteristik yang diamati
3. Menklasifikasikan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
d. 1. Menjelaskan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati
2. Menjelaskan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
3. Mengklasifikasikan makhluk hidup berdasarkan karakteristik yang diamati
4. Mengklasifikasikan benda berdasarkan karakteristik yang diamati

06. Rumusan indicator kunci untuk kompetensi dasar “Menganalisis hubungan antara komponen ekosistem dan jaringan makanan di lingkungan sekitar adalah …
a. Menyebutkan pengertian ekosistem
b. Menjelaskan jarring-jaring makanan
c. Menelaah hubungan antar komponen ekosistem
d. Menggeneralisasi hubungan antar komponen-komponen

07. Pada KD “Membandingkan siklus hidup beberapa jenis makhluk hidup serta dengan upaya pelestariannya, “Pengembangan materi pengayaan pada KD tersebut adalah …
a. Menyebutkan upaya pelestarian beberapa jenis makhluk hidup
b. Menjelaskan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
c. Membandingkan siklus makhluk hidup satu dengan yang lainnya
d. Menganalisis hubungan antar siklus hidup dengan upaya pelestarian

08. Perhatiakan contoh kegiatan berikut !
1. Gerakan Indonesia membaca
2. Menyediakan pojok baca di sekolah 
3. Sosialisasi literasi yang melibatkan tokoh masyarakat
4. Keterlibatan orangtua siswa membacakan cerita di depan kelas
5. Penyelenggara kampong literasi
Kegiatan tersebut yang merupakan contoh kegiatan literasi masyarakat adalah …
a. 1,2 dan 3
b. 2,3 dan 4
c. 2,3 dan 5
d. 3,4 dan 5

09. Contoh aktivitas pembelajaran yang mengasah ketrampilan tingkat tinggi adalah …
a. Melihat video tentang cuaca
b. Catatan hasil pengamatan cuaca
c. Membaca berbagai sumber tentang cuaca dan iklim
d. Membandingkan hasil pengamatan cuaca melalui alat manual dan aplikasi

10. Indicator kunci dari kompetensi dasar “Menghubungkan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar” adalah …
a. Mengklasifikasi tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
b. Menjelaskan tentang gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
c. Menganalisis hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar
d. Menguji hubungan gaya dengan gerak pada peristiwa di lingkungan sekitar

11. Peserta didik diminta untuk menyebutkan nama tumbuhan yang ada di sekolah. Aktivitas pembelajaran tersebut masuk ke dalam dimensi pengetahuan …
a. Factual
b. Konseptual
c. Procedural
d. Metakognitif

12. Perhatikan Cuplikan berita di bawah ini !
Di tengah giatnya pemerintah membangun infrastruktur dimana-mana, ratusan pelajar di kecamatan Tampobulu, Maras, Sulawesi Selatan, harus berjuang mati-matian menuntut ilmu. Bahkan ada yang rela mempertaruhkan nyawa dengan berenang di sungai karena tak ada akses jembatan. Di desa Bonto Matinggi, puluhan siswa terpaksa berenang di sungai tiap ke sekolah. Belakangan, wilayah ini pun ramai dikunjungi komunitas relawan peduli pendidikan. Mereka tidak hanya datang mengajar, bahkan mereka menggalang donasi-donasi untuk membantu perlengkapa sekolah dan membnagun ruang belajar yang layak. Setiap akhir pekan, mereka datang tanpa pamrih, meski harus berjalan kakai hingga puluhan kilometer. Ironisnya, pemerintah tak pernah hadir memberikan perhatian.
Manakah pertanyaan yang merupakan soal HOTS berdasarkan teks di atas !
a. Mengapa siswa di Maros harus berjuang untuk pergi ke sekolah
b. Jika anda seorang kepala desa, apa yang anda lakukan
c. Apa yang dilakukan para relawan
d. Apakah pemerintah sudah turun tangan dalam menangani masalah ini


13. Salah  satu sintaks Problem Based Learning adalah mengorganisasikan peserta didik untuk belajar. Contoh aktivitas pembelajarannya adalah …
a. Siswa berdiskusi dan membagi tugas untuk mecari data / bahan/alat yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah
b. Kelompok mengamati dan memahami masalah yang disampaikan guru atau yang diperoleh dari bahan bacaan
c. Siswa melakukan penyelidikan ( mencari data/referensi/sumber ) untuk bahan diskusi
d. Kelompok melakukan diskusi untuk menghasilkan solusi pemecahan masalah

14. Aktivitas menjawab pertanyaan atau membuktikan dengan benar tidaknya hipotesis merupakan sintaks discovery learning yang …
a. Pernyataan / identifikasi masalah ( problem statement )
b. Pengumpulan data ( data collection )
c. Pengolahan data ( data processing )
d. Pembuktian ( verification )

15. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tuas, persiapan alat, bahan, media sumber yang dibutuhkan peserta didik melakukan pembuatan proyek sesuai jadwal, mencatat setiap tahapan, mendiskusikan masalah yang muncul selama penyelesaian proyek dengan guru…
a. Model inquiry
b. Problem based learning
c. Problem solving
d. PJBL

16. Pemerintah Indonesia pernah menerapkan program transmigrasi terutama dari pulau Jawa untuk mengatasi masalah kependudukan. Kini transmigrasi dianggap sudah tak relevan lagi. Karena kita menganggap penduduk itu beban yang kita pikirkan adalah transmigrasi dari keluar. Hal ini bukan lagi solusi yang efektif “. Kata JK di istana Wapres, Jalan kebon sirih Jakarta Pusat ( 24/8/2018 ).
Manakah indicator soal yang tepat untuk soal di atas …. ?
Disajikan teks, siswa dapat menjelaskan pengertian kependudukan.
a. Disajikan kasus tentang kependudukan, siswa dapat menjelaskan terjadinya ledakan kependudukan suatu Negara
b. Disajikan teks tentang kependudukan, siswa dapat menyebutkan factor-faktor yang menyebabkan terjadinta ledakan penduduk
c. Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan
d. Disajikan permasalahan kontekstual tentang kependudukan, siswa dapat menyelesaikan permasalahan tersebut menggunakan konsep kependudukan

17. Manakah soal yang memenuhi kriteria HOTS untuk stimulus berikut ?
a. Hewan apa yang berperan sebagai konsumen tingkat 1?
b. Sawi dan bunga sepatu beerperan sebagai apa ?
c. Apakah peran burung elang dalam suatu rantai makanan ?
d. Jika jumlah ulat menurun drastic, apa yang terjadi pada burung elang ?

18. Peserta didik berdiskusi menyusun rencana pembuatan proyek pemecahan masalah meliputi pembagian tugas, persiapan alat, bahan, media, sumber yang dibutuhkan. Aktivitas pembelajaran di atas merupakan model Project based Learning pada sintaks..
a. Pertanyaan mendasar
b. Memonitoring keaktifan dan pengembangan
c. Mendesain perencanaan
d. Menyusun jadwal pembuatan
 
19. Kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan peserta didik yang diawali dengan pemberian rangsangan. Mengajak peserta didik dalam mengidentifikasi masalah, melakukan pengumpulan data dan mngolah data sehingga mampu memberikan pembuktian dan menarik simpulan. Model yang tepat digunakan untuk kegiatan pembelajaran di atas adalah ….
a. Discovery Learning
b. Problem Based Learning
c. Project Based Learning
d. Inquiry Learning

20. Untuk meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah lingkungan. Ibu Kartini
Menggunakan model pembelajaran Project Based Learning dengan menugaskan siswanya membuat karya dari sampah organic. Ia merencanakan untuk menilai hasil karya siswa berdasarkan kegunaan, nilai jual dan keindahan. Teknik penilaian apakah yang sebaiknya dilakukan …
a. Tes lisan
b. Penilaian praktik
c. Penilaian produk
d. Portopolio

21. Berikut ini yang bukan merupakan tagihan guru sasaran adalah …
a. Format penilaian kompetensi
b. Jurnal belajar
c. Jurnal praktik mengajar
d. Best practice

22. Pola pembelajaran pada program peningkatan kompetensi Pembelajaran berbasis zonasi untuk guru sasaran adalah …
a. In1-In2-On1-In3-On2-In4-On3-In5
b. In1-On1-In2-On2-In3-In4-On3-In5
c. In1-In2-In3-On1-On2-On3-In4-In5
d. In1-In2-On1-On2-In3-On3-On4-In5

Nah itu saja informasi tentang Contoh Soal Post Test Tahun 2020 Untuk Guru Sasaran yang bisa admin sampaikan.
Semoga informasi ini bermanfaat.
Salam Berbagi Ilmu Pengetahuan.
Selamat Berjumpa Kembali di lain kesempatan dengan informasi-informasi yang lainnya.

Posting Komentar untuk "Contoh Soal Post Test Tahun 2020 Untuk Guru Sasaran"