Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Contoh Teks Pidato Dengan Tema Hari Sumpah Pemuda - Kumpulan Ilmu Pengetahuan

Contoh Teks Pidato Sumpah Pemuda ~ Admin pada kesempatan kali ini akan berbagi informasi kepada sahabat semua mengenai salah satu contoh pidato yang bertemakan Hari Sumpah Pemuda. Namun sebelum ke pokok penjelasan alangkah baiknya admin memberikan informasi terlebih dahulu mengenai pengertian dari PIDATO.

Seperti dilansir dari lamannya Wikipedia Ensiklopedia Bebas Bahasa Indonesia Bahwa Pengertian Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum untuk menyatakan pendapat, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang akan memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.

Berikut ini salah satu Contoh Teks Pidato dalam Memperingati Hari Sumpah Pemuda 1928 atau Mengenang Hari Sumpah Pemuda.

 Assallamualikum Wr. wb. 

Para hadirin dan para pemuda yang pada saat ini berkumpul di (ruangan/tempat) ini semuanya. Alhamdullilah... apa yang telah diperjuangkan oleh para pemuda pada tanggal 28 Oktober 1928 lalu sampai saat ini, masih tetap bisa kita jaga dengan utuh, baik tekad maupun tujuan dari apa yang telah para pemuda "ikrarkan" pada saat itu. Untuk itu saya bersyukur, marilah kita memanjatkan do’a kehadirat Ilahi Robbi Allah SWT , Tuhan Yang Maha Esa, supaya kita semua, terutama generasi muda diberi kekuatan lahir dan batin dalam meneruskan perjuangan dalam membangun bangsa dan negara ini untuk mewujudkan kehidupan masa depan yang lebih baik lagi .

Para hadirin dan para pemuda sekalian yang saya hormati dan banggakan.....

Hari ini, kita semua kembali memperingati hari bersejarah yaitu Hari Sumpah Pemuda. Ini menunjukkan bahwa sebagai bangsa yang besar adalah bangsa yang selalu menghargai dan menjunjung tinggi jasa dan pengorbanan para pejuang dalam mencapai dan menegakkan kemerdekaan di negara Republik Indonesia tercinta ini.

Para hadirin dan para pemuda sekalian yang saya hormati dan banggakan.....

Setiap kita memperingati hari-hari yang bersejarah, kita perlu kiranya mengenang dan merenungkan sejenak, betapa besar perjuangan para pendahulu kita, para pejuang dan para pahlawan bangsa dalam memperjuangkan kemerdekaan ini, yang mana hal tersebut dilakukan secara kompak dan terpadu antara masyarakat dengan semua kekuatan yang ada. Perjuangan mereka tidak mengenal waktu, perjuangan mereka tidak dapat dinilai dengan harta benda maupun keluarga. Mereka semua mempunyai tujuan yang sama, mereka hanya ingin mencapai satu tujuan yaitu merdeka.

Para hadirin dan para pemuda sekalian yang saya banggakan.....

Kita sebagai penerus perjuangan bangsa ini, alangkah baiknya bila hasil dari perjuangan mereka dimasa lampau itu tidak kita sia-siakan dengan hanya mengisi atau menghabiskan waktu kita dengan bersenang-senang dan dengan membuang waktu secara percuma. Kita sebagai Pemuda harus menjadi ujung tombak dan pionir perjalanan bangsa ini, serta harus mampu pula mengemban amanat reformasi. Kita jangan sampai terjebak pada fase pertentangan dan diskusi yang sebetulnya tidak perlu yang hanya membuang energi dan tenaga saja. Berpikiran positif dan terus berkarya akan lebih baik bila dibandingkan dengan menghabiskan waktu untuk saling berdebat tanpa menghasilkan satu keputusan yang nyata untuk menjadikan negeri ini menjadi lebih baik.

Para hadirin dan para pemuda sekalian yang saya banggakan....

Mengingat akan lebih beratnya tantangan yang akan kita hadapi untuk kedepannya, sebagai pemuda harapan bangsa yang akan mengambil alih kepemimpinan dan sebagai pengambil kebijakan dimasa depan nanti, alangkah baiknya bila kita sebagai pemuda yang akan meneruskan dan memimpin bangsa ini untuk terus belajar dan belajar tanpa hentinya demi kemajuan dan kemakmuran bangsa ini.

Para hadirin dan para pemuda yang saya hormati serta saya banggakan.....

Sumpah Pemuda yang lahir pada tanggal 28 Oktober 1928 itu merupakan suatu keputusan yang lahir dari berbagai diskusi dan pembicaraan panjang dan alot yang dilakukan oleh para pemuda Indonesia pada waktu itu, yang mana hal tersebut merupakan cikal bakal berdirinya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Oleh karena itu, pemuda sebagai calon pemimpin dan pelaku bangsa kedepan harus mampu memahami serta menghayati secara mendalam tentang sebuah makna dari sumpah pemuda itu. Oleh karena itu, dalam memperingati hari Sumpah Pemuda/Hari Pemuda ini marilah kita tingkatkan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, moral bangsa, juga dituntut dalam peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) bangsa yang disiplin, mandiri dan profesional dengan penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dan keterampilan yang lebih baik lagi.

Demikian pidato singkat yang bertemakan Sumpah Pemuda ini saya akhiri sampai disini, mudah-mudahan kita sebagai penerus bangsa dapat mengemban amanat tersebut dan menjalankannya agar bangsa ini menjadi bangsa yang bermoral, adil, makmur dan sejahtera.

Sekian dan Terima kasih

Wassallamu’alaikum wr. wb.


Baca juga Contoh Pidato yang lainnya

A
Contoh Naskah Pidato Ahlak
Contoh Naskah Pidato Alam
Contoh Naskah Pidato Arti Kejujuran
B
Contoh Naskah Pidato Bahaya Merokok
Contoh Naskah Pidato Bahaya Narkoba
Contoh Naskah Pidato Bumi
Contoh Naskah Pidato Berqurban
C
Contoh Naskah Pidato Cita Cita
Contoh Naskah Pidato Cinta
Contoh Naskah Pidato Corona/Covid-19
E
Contoh Naskah Pidato Ekonomi
Contoh Naskah Pidato Ekonomi II
F
Contoh Naskah Pidato Facebook
G
Contoh Naskah Pidato Guru
Contoh Naskah Pidato Globalisasi
Contoh Naskah Pidato Global Warming
Contoh Naskah Pidato Gotong Royong
H
Contoh Naskah Pidato Haji
Contoh Naskah Pidato Halal Bihalal
Contoh Naskah Pidato Hari Anak
Contoh Naskah Pidato Hari Bumi
Contoh Naskah Pidato Hari Ibu
Contoh Naskah Pidato Hari Guru
Contoh Naskah Pidato Hari Kartini
Contoh Naskah Pidato HIV/AIDS
I
Contoh Naskah Pidato Internet
Contoh Naskah Pidato Ibu
Contoh Naskah Pidato Illegal Logging
Contoh Naskah Pidato Isra Mi`raj
J
Contoh Naskah Pidato Jujur
K
Contoh Naskah Pidato Kejujuran
Contoh Naskah Pidato Kebohongan
Contoh Naskah Pidato Kemerdekaan
Contoh Naskah Pidato Kesehatan
Contoh Naskah Pidato Ketua Baru
Contoh Naskah Pidato Korupsi
L
Contoh Naskah Pidato Lingkungan
M
Contoh Naskah Pidato Maulid Nabi
Contoh Naskah Pidato Moral
Contoh Naskah Pidato Motivasi 1
Contoh Naskah Pidato Motivasi 2
N
Contoh Naskah Pidato Narkoba
Contoh Naskah Pidato Narkoba II
Contoh Naskah Pidato Narkoba III
Contoh Naskah Pidato Narkoba IV
O
Contoh Naskah Pidato Olahraga
P
Contoh Naskah Pidato Persahabatan
Contoh Naskah Pidato Pemuda
Contoh Naskah Pidato Penebangan Liar
Contoh Naskah Pidato Peresmian
Contoh Naskah Pidato Perpisahan
Contoh Naskah Pidato Puasa
Q
Contoh Naskah Pidato Qurban
R
Contoh Naskah Pidato Remaja
Contoh Naskah Pidato Reuni
Contoh Naskah Pidato Rokok
S
Contoh Naskah Pidato Sumpah Pemuda
T
Contoh Naskah Pidato Televisi
U
Contoh Naskah Pidato Ulang Tahun  

Baca Juga Contoh Naskah Ceramah | Dakwah Singkat dari berbagai tema lainnya di bawah ini 

Nah dicukupkan sekian saja informasi mengenai salah satu contoh teks pidato bertemakan Hari Sumpah Pemuda, semoga ada manfaatnya. Apabila informasi ini ada kekeliruan admin mohon kritik dan sarannya dari sahabat budiman semua, supaya kedepannya admin bisa memberikan informasi yang lebih baik lagi. Dan informasi ini juga bisa diperbaiki lagi kedepannya.

Contoh teks pidato ini admin lansir dari berbagai sumber dan diedit ulang, bagi sahabat budiman yang membutuhkan contoh pidato ini silahkan mengutipnya dan mengeditnya kembali agar menjadi lebih baik sesuai dengan kebutuhan.

Posting Komentar untuk "Contoh Teks Pidato Dengan Tema Hari Sumpah Pemuda - Kumpulan Ilmu Pengetahuan"