Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kumpulan Contoh Naskah Ceramah Singkat | Contoh Naskah Dakwah Singkat

Kultum Singkat (Kuliah Tujuh Menit)
Contoh Ceramah | Dakwah Singkat Tema Puasa Ramadhan, Taqwa, Ibu,Bersuci, Berbakti Kepada Orang Tua, Bersyukur, Kesombongan, Kenakalan Remaja, Kejujuran,Ikhlas, Pemimpin Yang Amanah dan masih banyak yang lainnya yang bisa sahabat dapatkan di laman Kumpulan Ilmu Pengetahuan ini.
Admin sebelum memberikan atau membahas salah satu contoh naskah ceramah alahkan baiknya, admin membahas terlebih dahulu mengenai Teks ceramah adalah teks dengan sekumpulan paragraf yang mengandung informasi, suatu hal, atau pengetahuan untuk disampaikan kepada khalayak ramai.
Secara singkatnya, teks ceramah merupakan teks yang dibaca dan digunakan ketika sedang melakukan ceramah. Teks ceramah biasanya mengandung pesan yang berisi petunjuk, nasihat atau petuah.

Adapun pengertian teks ceramah di atas sama dengan pernyataan Tim Kemdikbud (2017, hlm. 78) yang menjelaskan bahwa ceramah adalah pembicaraan di depan publik atau umum yang isinya merupakan penyampaian informasi, pengetahuan, wawasan, dan sebagainya.
Orang yang melakukan ceramah disebut dengan penceramah. Tidak sembarang orang layak menjadi penceramah.

Penceramah haruslah seseorang dengan ilmu pengetahuan dan wawasan yang luas atau merupakan pakar yang menguasai berbagi bidang dan informasi terkait.
Sementara itu, pendengar ceramah adalah seseorang atau khalayak ramai. Dan siapa saja bisa menjadi pendengar ceramah. Hanya saja, umumnya ceramah disampaikan kepada kelompok dan masyarakat tertentu karena isi dan tujuannya bersifat spesifik.

Ceramah bisa juga dilakukan baik secara langsung maupun melalui media komunikasi dan digital. Apabila disampaikan secara langsung, maka ceramah dilakukan di tempat tertentu seperti kelas, tempat ibadah, aula atau lapangan terbuka dan penceramah berdiri di depan orang yang mendengarkan.

Sedangkan jika disampaikan secara tidak langsung, maka ceramah dilakukan melalui media atau sarana komunikasi yang telah disepakati seperti televisi, radio, media sosial atau internet.

Silahkan menyalin dan mengeditnya disesuaikan dengan kebutuhan.
Jangan lupa untuk membagikan artikel-artikel ini ke media sosial (medsos) , siapa tahu ada teman-teman sahabat yang membutuhkannya juga.Jangan lupa juga untuk dukungannya dengan cara like dan share ya :)
Bagi sahabat Yang Memerlukan Contoh Pidato Untuk Anak Sekolah, Baik untuk tingkat Sekolah Dasar (SD), Tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP), maupun Tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA)  .
Silahkan Kunjungi artikel lainnya dari blog ini : 
Semoga informasi yang admin sampaikan ada manfaatnya, dan bisa dijadikan referensi oleh sahabat semua, apabila informasinya ada kekeliruan mohon untuk kritik dan sarannya di kolom komentar ya.
Salam Berbagi Ilmu Pengetahuan.
Salam Berjumpa Lagi dilain Kesempatan Di Artikel-artikel selanjutnya.

Posting Komentar untuk "Kumpulan Contoh Naskah Ceramah Singkat | Contoh Naskah Dakwah Singkat"